PENGARUH METODE MONTESSORI DALAM PEMBELAJARAN MEDIA ALFABITRIX TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK KELAS 1 SEKOLAH DASAR
THE EFFECT OF MONTESSORI METHOD IN ALPHABITRIX MEDIA LEARNING ON READING ABILITY OF GRADE 1 ELEMENTARY SCHOOL STUDENT
ABSTRAK
Nama : Alfito Fahmi Al-ichsan
NIM : 20010644035
Program Studi : S-1
Jurusan : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dra. Mulyani, M.Pd.
Tahun : 2024
Keterampilan membaca pada peserta didik kelas awal menjadi Salah satu keterampilan yang krusial untuk diperhatikan oleh Guru. Hal tersebut dianggap krusial karena keterampilan Membaca peserta didik kelas awal rawan mengalami penurunan. Salah satu cara mengatasi kondisi tersebut sekaligus Meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar adalah dengan Menggunakan media pembelajaran. Mengacu pada kondisi Tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penerapan metode Montessori dalam penggunaan media ALFABITRIX terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas 1 pada jenjang sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan Adalah penelitian eksperimen kuasi dengan menggunakan Nonequivalent control group design. Penelitian ini melibatkan dua Puluh dua peserta didik kelas 1 SD Negeri Sugihwaras 3 dan dua Puluh dua peserta didik kelas 1 SD Negeri 1 Siwalan. Data Penelitian dikumpulkan melalui pre-test dan post-test dan lembarangket. Uji validitas instrumen penelitian yang digunakan adalah Teknik korelasi product moment dengan rumus Excel=CORREL. Kemudian, uji reliabilitas yang digunakan berupa uji statistic Kuder-Richardson Formula 21 (KR-21). Selanjutnya, metode Kolmogorov-Smirnov pada SPSS dan Shapiro-Wilk digunakan Dalam pengujian normalitas. Pengujian homogenitas pada Penelitian ini menggunakan uji Levene pada SPSS. Selain itu, uji-T Digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan uji Hipotesis, ditemukan bahwa Ha diterima. Hasil penelitian ini Membuktikan adanya pengaruh metode Montessori dalam Penggunaan media ALFABITRIX terhadap keterampilan Membaca peserta didik kelas I di sekolah tempat penelitian Dilakukan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata yang Diperoleh pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan Metode Montessori dengan media ALFABITRIX dengan nilai rata-Rata post-test kelompok eksperimen adalah 83,2727 dan kelompok Kontrol adalah 81,9545, dengan selisih 1,3182.
Kata kunci: media pembelajaran, metode Montessori, Keterampilan membaca, media ALFABITRIX
ABSTRACT
Name : Alfito Fahmi Al-ichsan
Student ID : 20010644035
Study Program : Bachelor
Department : Elementary Teacher Education
Faculty : Faculty of Education
Institution : Universitas Negeri Surabaya
Supervisor : Dra. Mulyani, M.Pd.
Year : 2024
Reading skills in early-grade students are crucial for teachers to pay Attention to. It is considered essential because the reading skills of early-Grade students are prone to decline. One way to overcome this condition While increasing students’ motivation in learning is to use learning Media. Referring to these conditions, this study aims to determine the Effect of applying the Montessori method in the use of ALFABITRIX Media on the initial reading skills of grade 1 students at the elementary School level. The type of research used is quasi-experimental research Using nonequivalent control group design. This study involved twenty-Two students of grade 1 SD Negeri Sugihwaras 3 and twenty-two Students of grade 1 SD Negeri 1 Siwalan. Research data were collected Through pre-test, post-test, and questionnaire sheets. The validity test of The research instrument used was the product moment correlation Technique with the Excel = CORREL formula. Then, the reliability test Used was the Kuder-Richardson Formula 21 (KR-21) statistical test. Furthermore, the Kolmogorov-Smirnov method on SPSS and Shapiro-Wilk were used in normality testing. Homogenity testing in this study Used the Levene test on SPSS. In addition, a T-test was used to test theresearch hypothesis. Based on the hypothesis test, it was found that Ha Was accepted. The results of this study prove the effect of the Montessori Method in using ALFABITRIX media on the early reading skills of Grade I students at the school where the research was conducted. This Can be seen from the average value obtained in the experimental class Which was treated with the Montessori method with ALFABITRIX Media with the average post-test value of the experimental group being 83.2727 and the control group being 81.9545, with a difference of 1.3182.
Keywords: learning media, Montessori method, reading skills, ALFABITRIX media