IMPLEMENTASI PENDIDIKAAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 6 SIDOARJO UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI
IMPLEMENTATION OF MULTICULTURAL EDUCATION IN SOCIAL STUDIES LEARNING IN STATE 6TH SIDOARJO JUNIOR TO GROW TOLERANCE ATTITUDE
ABSTRAK
Amin, Miftakhul. 2020. Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 6 Sidoarjo. Tesis, Program Studi S2 Pendidikan IPS, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Harmanto, M. Pd., dan (II) Prof. Dr. Sunarto, M. Sc.
Kata-kata Kunci: Pendidikan Multikutural, Sikap Toleransi, Pembelajaran IPS
Penelitian ini bertujuan untuk memeroleh gambaran tentang implementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran IPS di SMP 6 Sidoarjo untuk menumbuhkan sikap toleransi
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Siswa-Siswi, guru IPS, serta Wakasek SMP Negeri 6 Sidoarjo. Dalam penelitian ini meggunakan analisis deskritif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument pengumpulan data terdiri dari angket, pedoman wawancara, dan dokumen-dokumen pendukung lainnya. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Proses analisis data mengikuti model analisis Miles, Huberman, dan Saldana (1994) terdiri dari tiga langkah, yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan pendidikan multikultural di SMP Negeri 6 Sidoarjo, terdapat kelas khusus yaitu kelas B dan kelas H, kelas tersebut terdapat beberapa macam agama, suku, status sosial ekonomi, serta komposisi peserta didik yang seimbang. Multikultural terlihat pada saat hari besar keagamaan yaitu siswa-siswi diberi kebebasan untuk melaksanakan hari besar keagamaan menurut kepercayaan masing-masing, kemudian sikap toleransi ditunjukkan siswa pada aspek status sosial ekonomi ditunjukkan dengan saling berbagi dan saling tolong menolong sesama teman yang memiliki status ekonomi yang rendah tanpa memandang ras, agama, maupun suku. Upaya dalam menanamkan sikap toleransi, peran guru di SMP Negeri 6 Sidoarjo sangatlah besar. Menanamkan dan menumbuhkan sikap toleransi antar siswa maupun pendidik, guru dalam kesehariannya memberi contoh kepada siswa baik secara langsung maupun tidak secara langsung. Strategi pelaksanaan implementasi nilai-nilai karakter antara lain melalui kegiatan belajar mengajar dan kegiatan ekstrakurikuler.
Secara eksplisit hasil penelitian bahwa implementasi pendidikan multikultural di SMP Negeri 6 Sidoarjo dalam tujuannya untuk menumbuhkan sikap toleransi sedang dikembangkan secara bertahap. Implementasi pendidikan multikultural di SMP Negeri 6 Sidoarjo memiliki tiga pilar yang harus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu budaya disiplin, penanaman wawasan kebangsaan, dan sikap religius.
ABSTRACT
Amin, Miftakhul. 2020. Implementation of Multicultural Education in Social Studies Learning in Middle School 6 Sidoarjo. Thesis, Social Studies Program, Postgraduate State University of Surabaya. Advisor: (I) Dr. Harmanto, M. Pd., and (II) Prof. Dr. Sunarto, M. Sc.
Keywords: Multicultural Education, Attitude of Tolerance, Social Studies Learning
This study aims to obtain a picture of the implementation of multicultural education in social studies learning in middle-school 6 Sidoarjo to foster tolerance
This type of research is a qualitative descriptive study. The research subjects were students, social studies teachers, and the deputi head of middle-school 6 Sidoarjo. In this study using descriptive analysis. Data collection techniques with observation, interviews, and documentation. Data collection instruments consisted of questionnaires, interview guidelines, and other supporting documents. Data analysis in this study uses qualitative data analysis. The process of data analysis follows the analysis model of Miles, Huberman, and Saldana (1994) consisting of three steps, namely: (1) data reduction, (2) data presentation, and (3) drawing conclusions
Based on the results of data analysis, it can be concluded that the implementation of multicultural education in middle-school 6 Sidoarjo, there are special classes namely class B and class H, these classes have several kinds of religion, ethnicity, socioeconomic status, and a balanced composition of students. Multiculturalism is seen on religious holidays, namely students are given the freedom to carry out religious holidays according to their respective beliefs, then the attitude of tolerance is shown by students in the aspect of socioeconomic status shown by sharing and helping one another with friends who have low economic status regardless of race, religion or ethnicity. Efforts in instilling tolerance, the role of teachers in middle-school 6 Sidoarjo is very large. Instilling and fostering an attitude of tolerance between students and educators, teachers in their daily lives give examples to students both directly and indirectly. The implementation strategy of the implementation of character values includes teaching and learning activities and extracurricular activities.
Explicitly the results of research that the implementation of multicultural education in middle-school 6 Sidoarjo in its aim to foster an attitude of tolerance is being developed gradually. The implementation of multicultural education in SMP Negeri 6 Sidoarjo has three pillars that must be implemented in daily life, namely culture of discipline, inculcation of nationalism, and religious attitudes.