Abstrak
Keterampilan proses sains merupakan kompetensi yang siswa dapat membangun sendiri konsep yang dipelajari. Tujuan dari penelitian ini supaya dapat menganalisis penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP matapelajaran IPA. Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif, metode deskriptif. Sampel penelitian dengan 30 siswa SMP dan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran inkuiri terbimbing pada pembelajaran IPA mampu meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Hal ini terlihat pada model pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan proses pembelajaran berpusat pada siswa. Dengan ini, siswa secara mandiri mencari pemecahan suatu masalah dengan adanya pantauan dari guru. Hasil dari analisis angket menunjukkan bahwa terdapat peningkatan persentase indikator keterampilan proses sains siswa. Rata-rata peningkatan yang dialami yaitu dari 49,33% menjadi 76,66%. Peningkatan keterampilan proses sains pada siswa dapat terbentuk dan berkembang dengan kebiasaan yang dilakukan secara terlatih terusmenerus pada proses pembelajaran, agar dapat meningkatkan pemahan ilmiah.
Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, angket siswa, dan keterampilan proses sains.
Abstract
Science process skills are competencies that students can build their own concepts learned. The purpose of this study was to analyze the use of guidediinquiry learning models to improve sciencesprocess skills for science subjects in junior high school students. This research uses qualitative research, descriptive method. The research sample was 30 junior high school students and data collection was carried out by observation, interviews, and distributing questionnaires. The results showed that the use of guided inquiry learning in science learning was able to improve students' science process skills. This can be seen in the guided inquiry learning model which is a student-centered learning process. With this, students independently seek solutions to a problem with the supervision of the teacher. The results of the questionnaire analysis showed that there was an increase in the percentage of indicators of students' science process skills. The average increase experienced is from 49.33% to 76.66%. The improvement of science process skills in students can be formed and developed with habits that are carried out continuously in the learning process, in order to improve scientific understanding..Keywords: Guided inquiry, student questionnaires, and science process skills