Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam melakukan aktivitas menulis. Menulis tidak hanya menyalin kata-kata melainkan menuangkan isi pikiran dalam bentuk tulisan. Menulis cerita fiksi yang termuat dalam buku guru dan buku siswa masih menggunakan media gambar tunggal, sehingga membuat siswa kesulitan menuliskan cerita berdasarkan gambar. Hal tersebut mendorong untuk dikembangkannya media Doodle Pop Up Explosion Box pada materi menulis cerita fiksi legenda dengan menggunakan gambar berseri dari sebuah cerita. Setiap cerita terdapat 8-12 gambar berseri. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan proses pengembangan media Doodle Pop Up Explosion Box untuk keterampilan menulis cerita di kelas IV sekolah dasar dan menguji kualitas media media Doodle Pop Up Explosion Box untuk keterampilan menulis cerita di kelas IV sekolah dasar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau disebut dengan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Pada penelitian ini hanya menggunakan sembilan langkah dari sepuluh tahapan Borg and Gall, mencakup tahap sebagai berikut: tahap potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, dan revisi produk. Subjek ujicoba yaitu siswa dan guru kelas IV SDN Wiyung I/453 Surabaya. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi media, lembar validasi materi,lembar angketguru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif, berupa data hasil validasi, data hasil tanggapan guru dan siswa.
Berdasarkan instrumen pengumpulan data, diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa media Doodle Pop Up Explosion Box valid dengan nilai 87,5% dari validator ahli media dan 96% dari validator ahli materi. Pada saat uji coba diketahui bahwa media Doodle Pop Up Explosion Box sangat layak digunakan untuk keterampilan menulis cerita dengan mendapatkan persentase nilai pengamat 85%. hasil lembar angket siswa pada tahap uji coba produk dan uji coba pemakaian dengan masing-masing persentase sebesar 90% dan 91,03%.
Kata Kunci: pengembangan media pembelajaran, doodle pop up explosion box, keterampilan menulis cerita
This study aimed to produce media that can help students in the activities of writing. Writing is not just copying words but poured the contents of the mind in the form of writing. Writing fiction is contained in a book teacher and student books still use a single image media, making it difficult students write a story based on the pictures. It is encouraging for the development of media Doodle Box Pop Up Explosion at writing fiction legend material using radiant image of a story. Each story contained 8-12 radiant image.
This type of research is research development using a model of the Borg and Gall which has been modified which includes the following phases: Phase Potential Issues, Stage Data Collection, Stage Product Design, Phase Validation Design, Stage Revision Detain, Stage Trial Products, Phase Revised Product, stage Trial Usage and Product Revision phase. There are two subjects tested, namely 12 IVC grade students at Elementary School at Wiyung I/453 Surabaya, and 34 students at Elementary School at Wiyung I/453 Surabaya. Data collection instruments used were sheets of media validation, validation sheet material, sheet angketguru and students. The data analysis technique used is quantitative analysis, such as yield data validation, data from the responses of teachers and students.
Based on the data collection instruments, the result of research shows that media Doodle Box Pop Up Explosion valid with a value of 87.5% of the validator media experts and 96% of the validator matter experts. At the time of the trial is known that the media Doodle Pop Up Explosion Box very suitable for use in the skill of writing stories with a percentage value of 85% observer. the results of the student questionnaire sheet at the stage of product testing and user trials with their respective percentages of 90% and 91.03%.
Keywords: development of instructional media, doodle pop up box explosion, story writing skills