PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN "KUPERAN" DAN "BAPERAN" UNTUK PEMBELAJARAN NUMBER SENSE SISWA SD
DEVELOPMENT OF LEARNING MEDIA “KUPERAN” AND “BAPERAN” FOR NUMBER SENSE LEARNING AT ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS
ABSTRAK
Pembelajaran matematika di Sekolah Dasar mengalami tantangan klasik yakni siswa biasanya menganggapnya sebagai mata pelajaran yang sulit. Kesulitan dalam pelajaran matematika dipengaruhi banyak faktor, salah satunya adalah karena siswa SD masih berada dalam tahap berpikir operasional konkrit. Sedangkan, matematika adalah mata pelajaran yang seluruh obyeknya bersifat abstrak. Solusinya adalah diperlukan suatu upaya yang sungguh-sungguh untuk melahirkan sesuatu yang bisa menjembatani kedua kutub tersebut. Pilihannya adalah mengantarkan siswa untuk mempelajari pelajaran yang obyeknya abstrak dengan menggunakan pendekatan atau benda konkrit. Di sinilah pentingnya media pembelajaran. Di sisi lain, kemampuan pemahaman bilangan dan penggunannya atau biasa dikenal sebagai number sense bagi siswa Sekolah Dasar merupakan landasan penting bagi kesuksesannya belajar dimasa depan. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan media pembelajaran “Saku Operasi Bilangan Bulat (KUPERAN)” dan “Batang Operasi Bilangan Bulat (BAPERAN)” untuk pembelajaran number sense. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah proses pengembangan media pembelajaran KUPERAN dan BAPERAN untuk pembelajaran number sense? ;(2) Bagaimanakah ciri media pembelajaran KUPERAN dan BAPERAN untuk pembelajaran number sense? ;dan (3) Bagaimanakah penggunaan media pembelajaran KUPERAN dan BAPERAN pada pembelajaran number sense dengan materi operasi hitung bilangan. Metode pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang kegiatannya terdiri atas: analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: dapat dibangun media pembelajaran KUPERAN dan BAPERAN yang valid, praktis, dan efektif dalam pembelajaran number sense pada materi operasi hitung bilangan bulat.
Kata kunci: media pembelajaran, number sense
ABSTRACT
Learning mathematics in elementary schools has classic challenges, that is students usually consider it as a difficult subject. Difficulties in learning mathematics are caused by many factors, one of them is that elementary school students are still in the concrete operational thinking stage, while mathematics is a subject where all objects are abstract. The solution is how can be bridging the abstract object and the concrete thinking stage. The choice is to take students to study abstract objects by using concrete approaches or objects. This is the importance of learning media. On the other hand, the ability to understand numbers and their use or commonly known as number sense for Elementary School students is an important foundation for their success in learning in the future. Therefore this research was carried out to develop learning media "Number Operation Pocket (KUPERAN)" and "Number Operation Rod (BAPERAN)" for learning number sense. The problems studied in this study are (1) how is the process of developing KUPERAN and BAPERAN learning media for number sense learning, (2) What are the characteristics of the learning media, and (3) how is it used in learning number sense with numerical arithmetic operations material. The development method used is the ADDIE development model which consists of activities: analyzing, designing, developing, implementing, and evaluating. The results obtained from this study are: that can be built KUPERAN and BAPERAN learning media that are valid, practical, and effective in learning number sense in numerical arithmetic operations.
Key words: learning media, number sense