Multilingual Adult in Acquiring and Maintaining Languages:A Case of Sailorman Family
Abstrak
Skripsi ini membahas penguasaan dan pemertahanan bahasa oleh orang dewasa dengan kemampuan multibahasa. Subjek dari penelitian ini adalah beberapa pelaut yang bekerja di perusahaan kapal pesiar internasional. Penelitian ini berfokus pada strategi-strategi yang digunakan oleh subjek untuk menguasai dan mepertahankan bahasa, dan bagaimana kemahiran bahasa mereka mempengaruhi pilihan mereka dalam memutuskan sebuah bahasa untuk digunakan sebagai bahasa dominan. Analisis pada penelitian ini menerapkan teori-teori sosiolinguistik dan menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan diterapkannya teori dan metode tersebut, diharapkan agar hasil dari penelitian ini dapat dijabarkan secara jelas dalam bentuk teks. Wawancara, kuesioner, dan metode laporan-diri digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah; (1) kemahiran bahasa yang telah dikuasai, (2) strategi-strategi yang digunakan oleh pelaut multibahasa dalam menguasai dan mempertahankan bahasa, dan (3) bahasa-bahasa yang terpilih sebagai bahasa dominan beserta alasannya. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, jawaban dari rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu (1) anggota dari keluarga pelaut lebih mahir dalam bahasa yang telah mereka kuasai sejak masa kecil dan remaja, (2) beberapa strategi yang digunakan subjek dalam mengusai bahasa adalah; (a) mengambil program pendidikan di sekolah atau instistusi resmi, (b) mengambil kursus bahasa, (c) menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa penghubung, dan (d) pencampuran-kode-bahasa, sedangkan beberapa strategi yang digunakan oleh pelaut multibahasa dalam mempertahankan bahasa adalah; (a) menggunakan bahasa target sebagai bahasa sehari-hari, (b) menggunakan bahasa target pada orang sekeliling yang juga menggunakan bahasa yang sama, (c) tetap berhubungan dengan orang-orang yang menggunakan bahasa target, dan (d) menggunaan media untuk mempertahankan bahasa, lalu (3) dipengaruhi oleh beberapa faktor komunikasi (anggota, tempat atau konteks sosial, topik dan fungsi dari komunikasi), ditemukan bahwa bahasa dominan dari subjek penelitian ini adalah Bahasa Inggrisdan Bahasa Jerman.
Kata Kunci: Orang dewasa multibahasa, kemahiran bahasa, penguasaan bahasa, pemertahanan bahasa, bahasa dominan.
Abstract
This study discussed the acquisition and maintenance of languages by multilingual adults. The subjects of this study are three sailorman who working in the international cruise line company. This study is focused on the strategies used by them to acquire and maintain languages, and how their language proficiency affects their choice in deciding a language to be chosen as the dominant language. This study applies sociolinguistics theories in the analysis and uses a qualitative approach. This is expected to convey the result properly in the form of detailed texts. Interview, questionnaires, and self-report methods are used in this study to collect the data. The main issues addressed in this study are; (1) the proficiency of languages that is acquired, (2) the strategies used by multilingual sailormen to acquire and maintain language(s), and (3) the language(s) chosen as the dominant language and its reason. The results show that; (1) member of the sailorman family is more proficient in the languages that are learned since their childhood and adolescent period, (2) the strategies used by the member of sailorman family in acquiring languages are; (a) taking education program in a school or official institution, (b) taking a language course, (c) English as Lingua Franca, and (d) code-mixing. While the strategies used by multilingual sailormen to maintain languages are;(a) use target language as daily language, (b) using the target language to people surrounded who speak it, (c) keep in touch with people who use the target language, and (d) use media to maintain the language, and (3) affected by several factors of communication (participants, setting and social contexts, topics, and functions), the dominant languages of the subjects found to be English and Deutsch.
Keywords: multilingual adult, language proficiency, language acquisition, language maintenance, dominant language.