Hubungan Hasil Belajar Kognitif Dengan Hasil Belajar Psikomotor Pada Pembelajaran Dribbling Sepakbola
The Relationship Of Cognitive Learning Outcomes With Psycomotor Learning Outcomes In Football Dribbling
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) merupakan metode pembelajaran yang melibatkan aktivitas fisik sebagai bahan untuk mengajar. Penafsiran PJOK sesungguhnya merujuk ke arah proses pembentukan pikiran dan tubuh, tidak hanya sekedar aktivitas fisik semata. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan hasil belajar kognitif dengan hasil belajar psikomotor pada dribbling sepakbola. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non-eksperimen, yang berarti peneliti terfokus pada data yang diambil secara langsung dan tanpa memberikan perlakuan terhadap objek penelitiannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional, yang berarti menghubungkan dua variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs. Ihyaul Ulum Dukun Gresik kelas VIII, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini juga seluruh siswa MTs. Ihyaul Ulum Dukun Gresik kelas VIII yang berjumlah 139 siswa. Pada penelitian ini teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel ialah purposive sampling. Penelitian ini juga menggunakan uji linieritas sebagai teknik analisis data, uji linieritas anova digunakan untuk melihat perhitungan F Hitung dan F Tabel yang diolah melalui SPPS 25 for windows. Hasil Penelitian dari uji korelasi yang dilakukan pada penelitian ini menunjukkan nilai koefisien korelasi yang didapatkan ialah 0,267 < 0,05 dan nilai sig 0,003, maka dapat disimpulkan bahwasanya adanya nilai koefisien korelasi pada hasil belajar kognitif dengan hasil belajar psikomotor, tetapi dari hubungan keduanya menunjukkan hubungan yang bersifat lemah dikarenakan kurangnya semangat belajar siswa kelas VIII MTs. Ihyaul Ulum Dukun Gresik.
Kata Kunci: hasil belajar, kognitif, psikomotor, dribbling, sepakbola
Physical Education, Sports, and Health (PJOK) is a learning method that involves physical activity as the teaching material. The interpretation of PJOK actually refers to the process of forming both the mind and the body, not only physical activity. The purpose of this study is to determine the relationship between cognitive learning outcomes and psychomotor learning outcomes in soccer dribbling. This research uses a non-experimental quantitative approach, which means that the researcher focuses on the data taken directly and without giving any treatment to the object of his research. The type of research used is correlational research, which means connecting two variables. The population in this study were VIII graders of MTs students. Ihyaul Ulum Dukun Gresik, and the samples used in this study were also VIII graders of MTs students. Ihyaul Ulum Dukun Gresik, totaling 139 students. In this study, the technique used for sampling is purposive sampling. This research also uses linearity test as the data analysis technique, ANOVA linearity test is used to see the calculation of F Count and F Table which is processed through SPPS 25 for windows. The results of the correlation test carried out in this study show that the correlation coefficient value obtained is 0.267 <0.05 and the sig value is 0.003, it can be concluded that there is a correlation coefficient value on cognitive learning outcomes with psychomotor learning outcomes, but the relationship between the two shows a weak relationship due to the lack of enthusiasm for learning in grade VIII of MTs. Ihyaul Ulum Dukun Gresik.
Keywords: learning outcomes, cognitive, psychomotor, dribbling, football