PENGEMBANGAN PHONICS TOOLBOX UNTUK MENGENALKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK
ENHANCE THE VOCABULARY SKILL ON CHILDREN THROUGH DIGITAL PHONIC
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan media Phonics Toolbox dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris pada anak pemerolehan kosakata Bahasa Inggris pada anak. penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan desain model Borg and Gall. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sejumlah 50 guru dan 50 orang tua dengan kriteria mempunyai anak usia 5 - 6 tahun, metode pembelajaran Bahasa Inggris oleh guru masih menggunakan metode konvensional seperti LKA dan tanya jawab, serta sekolah berakreditasi minimal B, yang diakukan 2 kali uji coba, uji coba pertama menggunakan media konvensional yang yang kedua menggunakan media Phonics Toolbox. Hasil penyebaran angket melalui google form menunjukkan bahwa media Phonics Toolbox yang telah dikembangakan terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan kosa kata bahasa inggris anak usia 5-6 tahun. Dengan dibuktikannya uji kelayakan media dan materi dengan nilai uji kelayakan menunjukan nilai mean 2.94 mendekati skor 3 yang menunjukan range 51-75. Sedangakan untuk materi dalam media Phonics Toolbox mendapatkan nilai mean 3.11 yang menunjukan range 51-75 yang artinya untuk media dan materi pada media Phonics Toolbox adalah efektif dan layak digunakan sebagai media uji coba. Hasil uji coba produk terhadap guru sebagai validitas pendukung uji coba yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media dengan perolehan nilai sebesar mean 3.31 yang mendekati skor 3 yang menunjukan range 51-75. Sedangkan untuk item penyajian mendapakan nilai mean 3.25 yang mendekati skor 3 yang menunjukan range 51-75. Untuk item manfaat pada media Phonics Toolbox mendapatkan nilai mean 3.26 yang mendekati skor 3 yang menunjukan range 51-75, sehingga dari hasil uji coba kepada guru sebagai uji coba pendukung ahli materi dan ahli media dinyatakan layak. Uji coba terhadap 50 orang tua se Kabupaten Ponorogo yang memiliki anak usia 5-6 tahun menunjukan nilai untuk item meniru dan membedakan pada media Phonics Toolbox menunjukkan nilai mean 3.43 mendekati skor 3 yang menunjukkan range 21-30. Item menunjukkan gambar mendapatkan nilai mean 3.70 mendekati skor 4 yang menunjukkan range 31-40. Item menghubungkan dan menyebutkan menunjukkan nilai mean 3.49 mendekati skor 3 yang menunjukkan range 21-30. Item Menerima dan Menyampaikan menunjukkan nilai mean 3.41 mendekati skor 3 yang menunjukkan range 21-30. Hasil pengembangan media Phonics Toolbox membeikan implikasi terhadap kemampuan kosa kata berbahasa inggris anak. kesimpulan dari penelitian ini pengem bangan media Phonics Toolbox dapat dinyatakan layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan kemampuan kosa kata berbasa inggris untuk anak usia 5-6 tahun.
Kata Kunci : Phonics Toolbox, Kosakata Bahasa Inggris, Anak Usia Dini
The purpose of this study was to determine the feasibility of the Phonics Toolbox media in improving children's English skills in acquiring English vocabulary in children. This research uses the type of R&D development research (Research and Development) using the Borg and Gall model design. The sample used in this study was 50 teachers and 50 parents with the criteria of having children aged 5-6 years, the method of learning English by teachers still using conventional methods such as LKA and question and answer, as well as accredited schools at least B, which was carried out 2 times. try, the first trial uses conventional media, the second uses the Phonics Toolbox media. The results of the questionnaire distribution via google form show that the developed Phonics Toolbox has proven to be effective in improving the English vocabulary skills of children aged 5-6 years. By proving the feasibility test of media and materials with a feasibility test value, the mean value is 2.94, close to a score of 3, which indicates a range of 51-75. As for the material in the Phonics Toolbox media, the mean value is 3.11 which shows a range of 51-75, which means that the media and material in the Phonics Toolbox media are effective and suitable to be used as test media. The results of product trials on teachers as supporting validity of trials conducted by material experts and media experts with a mean score of 3.31 which is close to a score of 3 which shows a range of 51-75. As for the presentation items, the mean value is 3.25 which is close to a score of 3 which shows a range of 51-75. For the benefit item on the Phonics Toolbox media, it gets a mean value of 3.26 which is close to a score of 3 which shows a range of 51-75, so that from the results of trials to teachers as a trial to support material experts and media experts, it is declared feasible. Trials on 50 parents in Ponorogo Regency who have children aged 5-6 years showed the value for imitating and differentiating items on the Phonics Toolbox media showed a mean value of 3.43 approaching a score of 3 which indicated a range of 21-30. The item shows the picture getting a mean value of 3.70 close to a score of 4 which shows a range of 31-40. Items linking and mentioning show a mean value of 3.49 close to a score of 3 which indicates a range of 21-30. Items Receiving and Delivering show a mean value of 3.41 approaching a score of 3 which indicates a range of 21-30. The results of the development of the Phonics Toolbox media have implications for children's English vocabulary skills. The conclusion of this study is that the development of the Phonics Toolbox media can be declared feasible and effective in improving English vocabulary skills for children aged 5-6 years.
Keywords : Phonics Toolbox, English Vocabulary, Early Childhood