Anggar, Ristuhi. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kartu Kuis Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Nonfiksi Siswa Kelas V. Tesis, Universitas Negeri Surabaya, Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Dasar, Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Setya Yuwana, M.Pd., Prof. Dr. Wahyu Sukartiningsih, M.Pd.
Kata kunci: Pengembangan media, kartu kuis, keterampilan membaca pemahaman.
Adanya media pembelajaran berbasis kartu kuis bertujuan mempermudah pemahaman materi yang membutuhkan motivasi siswa, menarik untuk diperhatikan, dan penggunaannya mudah. Dalam proses pembelajaran saat di sekolah dapat membantu pelaksaan kegiatan pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar di kelas dapat menunjang salah satu tercapainya tujuan pembelajaran. secara menyeluruh, media pembelajaran mempunyai fungsi sebagai perantara dalam menjelaskan materi pembelajaran, sehingga dapat mengkaji suatu permasalahan yang memungkinkan untuk diselesaikan oleh siswa saat kegiatan belajar mengajar
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D). Model penelitian yang digunakan Four-D model. Kevalidan media berdasarkan kevalidan materi/isi, kevalidan gambar, dan kevalidan bahasa. Kepraktisan media didasarkan dari hasil aktivitas guru dan siswa, respons guru dan siswa. Keefektifan media diuji dengan one group pre-test pos-test design.
Berdasarkan hasil kualitas pengembangan media berdasarkan kevalidan diperoleh nilai 93,95, kepraktisan diperoleh nilai 95,53, dan keefektifan diperoleh nilai 80,4 sehingga diperoleh rata-rata hasil kualitas pengembangan media berbasis kartu kuis adalah 89,96 dengan kategori sangat baik. Media pembelajaran berbasis kartu kuis memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t-test yang menunjukkan bahwa ttest sebesar 0,048 < 0,05. Penggunaan media pembelajaran berbasis kartu kuis juga mendapatkan respons yang sangat baik dari siswa, yaitu sebesar 100%. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis kartu kuis layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V.
Anggar, Ristuhi. 2019. Development of Learning Media Based on Quiz Cards to Improve Reading Skills for Understanding the Nonfiction Text of Class V Students. Surabaya State University, Postgraduate, Basic Education Study Program, Supervisor: Prof. Dr. Setya Yuwana, M.Pd., Prof. Dr. Wahyu Sukartiningsih, M.Pd.
Keywords: Media development, quiz cards, comprehension reading skills.
The existence of quiz-based card learning media aims to facilitate the understanding of material that requires student motivation, interesting to note, and easy use. In the learning process when in school can help implement learning activities. The use of learning media in teaching and learning activities in the classroom can support one of the achievement of learning goals. as a whole, the learning media has a function as an intermediary in explaining learning material, so that it can examine a problem that allows students to complete when teaching and learning activities
This type of research is a type of research and development or research and development (R & D). The research model used is the Four-D model. The validity of the media is based on the validity of the material / content, the validity of the image, and the validity of the language. The practicality of the media is based on the results of teacher and student activities, teacher and student responses. The effectiveness of the media was tested with one group pre-test post-test design.
Based on the results of the quality of media development based on validity obtained a value of 93.95, practicality obtained a value of 95.53, and effectiveness obtained a value of 80.4 so that the average results of the quality of the development of quiz-based card media is 89.96 with a very good category. Media quiz-based card learning has an influence on student learning outcomes. This can be seen from the results of the t-test which showed that ttest was 0.048 <0.05. The use of quiz card-based learning media also gets a very good response from students, which is equal to 100%. So it can be concluded that the quiz-based card learning media is feasible, practical, and effective for improving students' reading comprehension skills in fifth grade.