ABSTRAK
Raharja, Gigih Besar Mukti. 2019. Mereduksi Miskonsepsi Siswa dengan Media Sederhana Berbasis Konflik Kognitif di SMP Negeri 1 Sukodadi Lamongan. Makalah Tesis, Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.Pembimbing: 1) Dr. Wasis, M.Si. dan 2) Prof. Dr. LenyYuanita, M.Kes.
Kata-kata Kunci: konflik kognitif, reduksi miskonsepsi, certainty of response index
Penelitian ini bertujuan untuk mereduksi miskonsepsi siswa dengan strategi konflik kognitif pada pokok bahasan tekanan pada zat cair. Penelitian ini termasuk penelitian praeksperimen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukodadi Lamongan sebanyak 40 orang siswa dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Pengumpulan data miskonsepsi menggunakan metode observasi dan tes. Pengidentifikasian miskonsepsi dilakukan secara individu dan klasikal menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Analisis data tes awal (pretest) bertujuan untuk mengidentifikasi konsep-konsep yang mengalami miskonsespi pada siswa, sedangkan tes akhir (posttest) untuk mengetahui penurunan miskonsepsi siswa setelah pembelajaran dengan media sederhana berbasis konflik kognitif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media sederhana berbasis konflik kognitif mampu mereduksi miskonsepsi siswa pada pokok bahasan tekanan pada zat cair. Menurunnya miskonsepsi siswa setelah pembelajaran menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media sederhana berbasis konflik kognitif memberikan kontribusi yang baik dalam mereduksi miskonsespi siswa.
ABSTRACT
Raharja, Gigih Besar Mukti. 2019. Reducing Student Misconceptions with Simple Media Based on Cognitive Conflict in SMP Negeri 1 Sukodadi Lamongan.. Thesis, Science Educational Study Program, Graduate Program, The State University of Surabaya. Advisors: 1) Dr. Wasis, M.Si. dan 2) Prof. Dr. LenyYuanita, M.Kes.
Keywords:cognitive conflict, reduction of misconception, certainty of response index
This study aims to reduce students' misconceptions with cognitive conflict strategies on the subject of pressure on liquid. This research is a pre-experimental research. The subjects of this study class VIII students of SMP Negeri 1 Sukodadi Lamongan with 40 students with one group pretest-posttest design research design. Misconception data collection uses observation and test methods. Identification of misconceptions is done individually and classically using the Certainty of Response Index (CRI). The analysis of the preliminary test data (pretest) aims to identify concepts that are experiencing misconceptions in students, while the final test (posttest) is to determine the decrease in student misconceptions after learning with simple media based on cognitive conflict. The results of this study can be concluded that learning by using simple media based on cognitive conflict is able to reduce students' misconceptions on the subject of pressure on liquid. The decrease in students' misconceptions after learning shows that learning using simple media based on cognitive conflict provides a good contribution in reducing student misconceptions.