APPLICATION OF NEARPOD INTERACTIVE LEARNING MEDIA WITH A GUIDED INQUIRY MODEL TO TRAIN STUDENTS' DIGITAL LEARNING
Hasil belajar digital dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk mengetahui penguasaan materi yang didukung oleh penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melatihkan belajar digital pada peserta didik. Desain penelitian yang digunakan, yaitu one group pretest-posttest dengan partisipan yang terlibat sebanyak 30 peserta didik di salah satu MTsN di Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu lembar aktivitas pembelajaran, tes unjuk kerja, dan survei angket respons. Data yang sudah terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan persentase Sttalling Snapshot, Normalized gain, scatterplot, dan persentase tingkat persetujuan peserta didik. Hasil dari aktivitas pembelajaran secara umum baik, namun terdapat satu aspek atau indikator yang belum memenuhi kriteria. Hasil analisis <g> berkategori sedang diperoleh pada semua indikator mulai dari Remembering, hingga Creating. Hasil persentase angket respons, yaitu 80,05% sangat setuju terhadap pernyataan yang diberikan. Berdasarkan uraian hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Nearpod dengan model inkuiri terbimbing dapat berdampak pada terlatihnya hasil belajar digital peserta didik.
Kata kunci: Hasil belajar digital, Inkuiri terbimbing, Nearpod
Digital learning results can be used as a benchmark to determine mastery of material supported by the use of technology in learning. The aim of this research is to train digital learning in students. The research design used was one group pretest-posttest with 30 students involved at one of the MTsN in Surabaya. The data collection techniques used were learning activity sheets, performance tests, and response questionnaire surveys. The data that has been collected is then analyzed using the Stalling Snapshot percentage, Normalized gain, scatterplot, and percentage of students' agreement level. The results of learning activities are generally good, but there is one aspect or indicator that does not meet the criteria. The results of the <g> analysis in the medium category were obtained for all indicators ranging from Remembering to Creating. The percentage results of the response questionnaire, namely 80.05%, strongly agree with the statement given. Based on the description of these results, it can be concluded that Nearpod media with a guided inquiry model can have an impact on students' digital learning outcomes.
Keywords: Digital learning outcomes, Guided inquiry, Nearpod