Semakin ketatnya persaingan di sektor peiklanan, perusahaan berlomba untuk melakukan promosi termasuk dalam bidang kecantikan. Dalam menyusun iklan, perusahaan perlu memperhatikan pesan iklan yang diciptakan pada benak konsumen. Perusahaan terutama kosmetik mengiklankan produknya dengan celebrity endorser untuk menarik perhatian konsumennya serta untuk memunculkan citra merek yang baik pada benak konsumen, sehingga dapat menimbulkan niat beli pada diri konsumen terhadap produk yang diiklankan.
Penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik pengambilan sampel judgmental sampling. Sampel yang digunakan adalah 165 responden yang mana responden yang dipilih adalah mahasiswi Surabaya yang pernah melihat iklan Wardah Instaperfect dengan Raline Shah sebagai celebrity endorser di iklan TV. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dengan skala rating. Analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linier berganda.
Hasil Penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan celebrity endorser terhadap niat beli wardah Instaperfect, dan juga adanya pengaruh citra merek terhadap niat beli wardah Instaperfect
Kata Kunci : Celebrity endorser, Citra Merek, dan Niat Beli..
The more intense competition in the advertising sector, companies compete to carry out promotions including in the field of beauty. In compiling advertisements, companies need to pay attention to the advertising messages that are created in the minds of consumers. Companies, especially cosmetics, advertise their products with celebrity endorsers to attract the attention of their customers and to bring up a good brand image in the minds of consumers, so that it can cause purchase intentions on consumers of the products advertised.
This research uses nonprobability sampling method with judgmental sampling technique. The sample used was 165 respondents where the selected respondents were Surabaya students who had seen Wardah Instaperfect advertisements with Raline Shah as a celebrity endorser in TV commercials. The research instrument used in this study was a questionnaire with a rating scale. Data analysis in this study using multiple linear regression.
The results of the study stated that there was a significant effect of celebrity endorser on wardah Instaperfect buying intention, and also the influence of brand image on purchase intention Wardah Instaperfect
Key: Celebrity endorser, brand image, and buying intention