Nurcahyo,Galih. 2020. Pengembangan lembar kegiatan siswa berbasis model kooperatif tipe mind
mapping untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas IV sekolah
dasar. Tesis program studi pendidikan dasar, pascasarjana universitas negeri
surabaya. Pembimbing (1) Prof. Dr. Rusijono, M.P d dan pembimbing (II) Dr. Ketut Prasetyo, M.S.
Kata kunci :
LKS berbbasis model kooperatif tipe mind mapping, aktivitas, hasil belajar
siswa.
Penelitian ini didasari dengan
banyaknya LKS yang beredar dan berkembang saat ini
yang masih banyak yang tidak memiliki kelebihan dalam
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa . Selain itu LKS yang
diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran belum menggunakan metode yang
tepat. Beberapa guru juga menyatakan bahwa LKS
yang disusun secara monoton dan hanya berisi soal-soal pilihan ganda maupun
soal uraian selama satu semester yang dibeli dari penerbit, membuat siswa
merasa jenuh dalam mengikuti pembelajaran
sehingga hal tersebbut mengakibatkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) mendeskripsikan validitas
lks berbasis model kooperatif tipe mind mapping dapat meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar siswa. 2) mendeskripsikan kepraktisan penggunaan lks berbasis
model kooperatif tipe mind mapping pada siswa kelas vi sekolah dasar. 3)
mendeskripsikan efektifitas dari penggunaan lks berbasis model kooperatif dalam
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas iv sekolah dasar.
Jenis penelitian ini merupakan
penelitian dan pengembangan yang menghasilkan produk LKS Berbasis model
kooperatif tipe mind mapping. Desain penelitian menggunakan Quasi ekperimental dengan teknik
nonequivalent control group design . Instrumen pengambilan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah lembar
observasi, lembar angket, lembar tes dan lembar validasi LKS. Teknik analisis
data menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan rumus statistik.
Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa lks dengan model kooperatif tipe ming mapping
layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi lks adalah layak diterapkan
dalam pembelajaran dengan sedikit revisidengan persentase sebesar 89,39 %.
Kepraktisan LKS berbasis model kooperatif tipe mind mappingmenunjukan hasil
yang sangat tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan respon siswa dan respon guru
sebagai pengguna LKS dengan persentase masing-masing 92,5% dan 86 %, selain itu
kepraktisan lks juga dapat dilihat dari aktivitas siswa selama melakukan
pembelajaran menggunakan lks berbbasis model kooperatif tipe mind mapping
dengan rata-rata persentase sebesar 83% dengan kriteria sangat tinggi. LKS
Berbasis model kooperatif tipe mind mapping terbukti efektif dalam meningkatkan
hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t-test menunjukan
bahwa Hasil
uji-t postest kelompok eksperimen dan kelas kontrol menunjukan bahwa rata-rata
nilai kelas eksperimen lebih besar yaitu 80 dan kelas kontrol 71,5. nilai signifikansi dari uji t postest
adalah 0 ,006 lebih kecil dari 0,05
artinya dapat dinyatakan bahwa data pada posttest ada pengaruh. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis model kooperatif tipe mind mapping
berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa