Manajemen Sekolah dalam Mengelola Kelas Unggulan dan Kelas Reguler di SD Hang Tuah 10 Juanda
School Management in Mananging Excellet Class and Reguler Classes of Elementery School Hang Tuah 10 Juanda.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan manajemen sekolah dalam mengelola kelas unggulan dan kelas reguler di SD Hang Tua 10 Juanda. Penelitian in termasuk jenis penelitian jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Untuk keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Temuan penelitian yang diperoleh adalah penyelenggaraan program kelas unggulan dan kelas reguler dari perencanaan (tujuan, pengelolaan, kurikulum, biaya), Pelaksanaan (pengelola, pendidik, siswa, materi, pelaksanaan waktu, sarana prasarana, biaya), Evaluasi dan hasil akan dibandingkan dengan standar yang ada. Hal ini biasanya dilakukan setiap masa penilaian tengah semestser atau penilaian akhir semester dari laporan masing-masing guru kelas unggulan atau kelas reguler kemudian laporan diberikan kepada kepala sekolah. Evaluasi ini akan dilihat apakah hasil program kelas unggulan yang diselenggarakan dapat tercapai belajar siswa melalui ujian atau penilaian atau belum, jika belum akan dilakukan perbaikan. Namun jika proses dan hasil belajar siswa telah sesuai dengan standar yang ditetapkan maka dilakukan pengayaan untuk mempertahankan capaian belajar siswa atau bisa ditingkatkan.
The purpose of this study is to describe the school management in managing excellent classes and regular of Elementery School Hang Tuah 10 Juanda. This research is a type of field research using involves qualitative methods with case study research design. Collection data using observation techniques, interview, and documentation. Data analysis uses data condensation, data presentation, and deduction verification. The validity of the data in this study was tested of credibility, transferability test, dependability test, and confirmability test . Research findings are the setup of excellent class programs and regular classes of planning (goals, management, curriculum, cost), implementation (administrators, educators, students, materials, time enforcement, infrastructure, costs), evaluations and results will be compared to existing standards. This is usually done at any age of uniser middle assessment or end-of-term assessment of the report of each of the excellent class teachers or regular classes then the report is given to the headmaster. The evaluation will be seen whether the results of the established quality class program can be accomplished by exam or assessment or not, the improvements will be made. But if the process and results of students' learning are consistent with the established standards then enrichment is done to maintain or can be improved.