Perkembangan bahasa merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk diperhatikan oleh lingkungan, baik di sekolah, keluarga, maupun masyarakat. Karena bahasa merupakan salah satu unsur yang melandasi berkembangnya aspek perkembangan yang ada pada anak usia dini. Hal ini karena bahasa merupakan bekal dasar bagi anak dalam berkomunikasi dengan masyarakat. Kenyataan di lapangan tidak banyak lembaga yang memunyai kegiatan dalam pengembangan stimulasi perkembangan bahasa. Permasalahan inilah yang menjadi dasar penelitian untuk mengetahui kegiatan pementasan drama operet dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak usia dini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak anak, guru, dan kepala sekolah di TK Dunia Suzan Tegalsari Surabaya. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman, yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pementasan drama operet dalam menstimulasi keterampilan berbahasa anak usia dini.
Hasil penelitian menunjukkan proses pementasan drama operet tersebut memunyai tiga tahapan yakni pertama perencanaan drama operet. Perencanaan tersebut meliputi pembuatan naskah, casting pemain, perekaman suara pemain dan mengolah musik pementasan. Kedua, proses latihan pementasan drama operet meliputi pemanasan yang dilakukan oleh anak (olah tubuh, olah vokal dan ekspresi), pendahuluan (penyajian cerita dan rencana aksi), Running (pendalaman peran, blocking, dramatisasi, penutup dan evaluasi (pendinginan)), terakhir gladiresik. Ketiga, proses pelaksanaan pementasan drama operet meliputi dua unsur yakni, pelaku pementasan dan unsur-unsur pementasan. Pelaku pementasan meliputi penulis naskah, sutradara, narator, pemain, penata artistik, penata rias. Untuk unsur-unsur pementasan yakni tata panggung, tata suara, tata lampu, penonton. Keseluruhan proses tersebut dapat menstimulasi keterampilan berbahasa anak usia dini terutama menyimak dan berbicara.
Kata Kunci : Pementasan drama operet, Keterampilan berbahasa
The Development of language is one of the most important aspects to be noticed by the environment, whether in school, family, or society. Because language is one of the elements that underlies the development aspects that exist in early childhood. This is because language is a basic provision for children in communicating with the community. In reality, there is not many school that have activity to develop early language skills. This problem is the basis of research to know the performance of drama operetta in stimulating the development of early childhood language skills.
This study uses qualitative research approach with the type of descriptive research. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. The subjects of this study are children, teacher, and the headmaster of Dunia Suzan Kindergarten Tegalsari Surabaya. Data analysis in this study uses Miles and Huberman model, which is data reduction, data presentation, and withdrawal of conclusions. This study is aimed to describe the performance of drama operetta in stimulating the development of early childhood language skills.
The result of this research showed that the performance of drama operetta had three stages, the first stage is planning the drama operetta. The planning process includes the writing script, casting actors, recording of actors voice, and managing the musical performances. The second stage is the practice process. The children do warms up (body exercises, vocal exercises, and mimic/expression), opening (the presentation of the story and action plans), running (deepening of the role, stage blocking, dramatization, closing and evaluation or cooling down), and the last is rehearsal. The third process is the day of performance which includes 2 elements, the actor elements and the stage performance elements. The actor elements include the scriptwriter, director, narrator, actors, artistic organizers, makeup artists. The stage performance elements include the stage organizers, audio or sound system, lighting system, and audiences. The entire process can stimulate the early childhood language skills, especially listening and speaking.
Keywords: The performance of drama operetta, Language skills