PENGARUH BIMBINGAN KARIR, KOMPETENSI LULUSAN, EFIKASI DIRI TERHADAP KETERAMPILAN DAN KESIAPAN KERJA TARUNA PENERBANG
THE INFLUENCE OF CAREER GUIDANCE, GRADUATES COMPETENCE, SELF-EFFICACY ON SKILLS AND WORK READINESS OF PILOT CADETS AT THE INDONESIA CIVIL PILOT ACADEMY AND THE INDONESIA AVIATION POLYTECHNIC CURUG
Genny Luhung Prasojo. 2022. Pengaruh Bimbingan Karir, Kompetensi Lulusan, Efikasi Diri Terhadap Keterampilan Dan Kesiapan Kerja Taruna Penerbang. Disertasi, Program Studi Pendidikan Vokasi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Suparji, M. Pd., dan (II) Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd.
Kata Kunci : Bimbingan Karir, Kompetensi Lulusan, Efikasi Diri, Keterampilan dan Kesiapan Kerja
Pendidikan vokasi menjadi jalur yang menciptakan lulusan handal dalam suatu bidang sehingga mampu bekerja sesuai bidangnya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menemukan besar pengaruh Bimbingan Karir, Kompetensi Lulusan, Efikasi Diri terhadap Keterampilan dan Kesiapan Kerja serta pengaruh Bimbingan Karir, Kompetensi Lulusan, Efikasi Diri terhadap Kesiapan Kerja melalui Keterampilan pada Taruna Penerbang Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi dan Politeknik Penerbangan Indonesia Curug.
Studi ini tergolong kedalam studi kuantitatif dengan kategori studi ex post facto sedangkan dari jenis manfaat dari penelitian tergolong jenis studi penjabaran atau Explanatory Study. Sasaran dalam penelitian ini adalah Taruna Penerbang Diploma III pada Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi, Taruna Penerbang Diploma IV Politeknik Penerbangan Indonesia Curug dan Taruna Penerbang Non-Diploma Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi sebanyak 138, yang mana teknik sampel yang dipakai sampel jenuh , sehingga sampelnya sebanyak 138 orang. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis multivariate SEM-PLS.
Hasil analisa dan pembahasan menunjukkan bahwa: (1) Bimbingan Karir berpengaruh signifikan terhadap Keterampilan; (2) Kompetensi Taruna tidak berpengaruh signifikan terhadap Keterampilan; (3) Efikasi Diri berpengaruh signifikan terhadap Keterampilan; (4) Bimbingan Karir berpengaruh signifikan terhadap Kesiapan Kerja; (5) Kompetensi Taruna berpengaruh signifikan terhadap Kesiapan Kerja; (6) Efikasi Diri berpengaruh signifikan terhadap Kesiapan Kerja; (7) Keterampilan berpengaruh signifikan terhadap Kesiapan Kerja; (8) Keterampilan tidak memediasi pengaruh antara Bimbingan Karir dengan Kesiapan Kerja; (9) Keterampilan tidak memediasi pengaruh antara Kompetensi Taruna dengan Kesiapan Kerja; (10) Keterampilan tidak memediasi pengaruh antara Efikasi Diri dengan Kesiapan Kerja pada Taruna Penerbang Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi dan Taruna Penerbang Politeknik Penerbangan Indonesia Curug.
Peningkatan Keterampilan Taruna tidak dapat ditingkatkan dengan adanya kompetensi taruna yang memadai saja namun perlu pembimbingan, memiliki efikasi diri yang tinggi dalam menciptakan kesiapan kerja taruna penerbang.
Genny Luhung Prasojo. 2022. Influence of Career Guidance, Graduate Competence, Self-Efficacy on Skills and Work Readiness of Pilots. Dissertation, Vocational Education Study Program, Postgraduate Program, State University of Surabaya. Supervisor: (I) Prof. Dr. Suparji, M. Pd., and (II) Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd.
Keywords : Career Guidance, Graduates competence, Self-Efficacy, Skills, Work Readiness
Vocational education is a pathway that creates reliable graduates in a field so that they are able to work according to their field. This study was conducted with the aim of to find great influence of Career Guidance, Graduates Competence, Self-Efficacy on Skills and Work Readiness and the influence of Career Guidance, Graduate Competence, Self-Efficacy on Work Readiness through Skills at the Indonesia Civil Pilot Academy Banyuwangi cadets and the Indonesia Aviation Polytechnic Curug.
This study is classified as a quantitative study with the category of ex post facto study, while the type of benefit from the research is classified as an explanatory study. The targets in this study were Diploma III Flight cadets at the Indonesian Aviation Academy Banyuwangi, Diploma IV Flight cadets at the Curug Indonesian Aviation Polytechnic and Non-Diploma Pilots at the Indonesian Aviation Academy Banyuwangi with a total of 138, in which the sample technique used is slovin method, so the sample is 138 people. The analysis technique in this study uses PLS analysis.
The results of the analysis and discussion show that: (1) Career Guidance has a significant effect on Skills; (2) Competency of cadets has no significant effect on Skills Skills; (3) Self-Efficacy has a significant effect on Skills; (4) Career Guidance has a significant effect on Work Readiness; (5) Competence of cadets has a significant effect on Work Readiness; (6) Self-efficacy has a significant effect on Work Readiness; (7) Skills have a significant effect on Job Readiness; (8) Skills do not mediate the influence between Career Guidance and Job Readiness; (9) Skills do not mediate the influence between cadet competence and work readiness; (10) Skills do not mediate the effect of Self-Efficacy and Work Readiness on Pilots of the Indonesian Aviation Academy Banyuwangi and Pilots of the Indonesian Aviation Polytechnic of Curug.
The improvement of cadet skills cannot be increased by the presence of adequate cadet competencies but requires guidance, has high self-efficacy in creating the work readiness of pilot cadets