ABSTRAK
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI PENGOPERASIAN JENIS-JENIS PERALATAN SURVEY DAN
PEMETAAN DI KELAS X SMKN 1 SIDOARJO
Model pembelajaran
kooperatif tipe make a match adalah salah satu model pembelajaran berpusat
pada siswa (student centered ) yang dapat menumbuhkan semangat dan
motivasi siswa dalam mengerjakan latihan-latihan soal dengan suasana
menyenangkan, sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar mengajar
karena adanya kerja sama antar siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini
adalah tentang kelayakan perangkat, keterlaksanaan pembelajaran, dan hasil
belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang
kelayakan perangkat, keterlaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar siswa
setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match .
Jenis penelitian yang
digunakan adalah pre-experimental design ). Penelitian ini dilaksanakan
di SMK Negeri 1 Sidoarjo, jurusan Desain Penelitian dan Informasi Bangunan
(DPIB) dan waktu penelitian dilakukan pada semester gasal 2019/2020. Sampel
yang digunakan adalah siswa kelas X DPIB dengan jumlah 36. Instrumen penelitian
yang digunakan yaitu lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar observasi
keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar tes hasil belajar. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan menganalisa kelayakan perangkat
pembelajaran, keterlaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar yang dinyatakan
dalam prosentase dan menguji hipotesis dengan uji-t pihak kiri.
Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kelayakan perangkat pembelajaran mendapat rata-rata rating
sebesar 86,25%, termasuk dalam kategori sangat layak. Keterlaksanaan
pembelajaran menggunakan model pembelajaran menggunakan kooperatif tipe make
a match mendapat rata-rata total sebesar 82,50% termasuk dalam kategori
sangat baik. Hasil belajar siswa menunjukkan prosentase ketuntasan klasikal
sebesar 86,11% dan nilai rata-rata hasil belajar (mean ) 80,72 dengan t hitung sebesar 7,678, harga t tabel sebesar 1,692 dan derajat
kebebasan sebesar 5% (0,05), maka H 0 diterima dan H a ditolak.
Kata Kunci : Model Pembelajaran make a match, Hasil Belajar, Survey
dan Pemetaan.