Amirul Khumaini Sholli. 2019. Konsepsi Siswa SMK tentang Kebermaknaan matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian, Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Agung Lukito, M. S., dan (II) Dr. Rini Setianingsih, M.Kes.
Kata Kunci: Konsepsi, Kebermaknaan Matematika, Tipe Kepribadian
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan konsepsi siswa dengan berbagai tipe kepribadian terhadap kebermaknaan matematika. Siswa dengan tipe kepribadian Guardian, tipe kepribadian Artisan, dan tipe kepribadian Rational menyusun strategi penyelesaian masalah berdasarkan pengalaman sebelumnya, sedangkan siswa dengan tipe kepribadian Idealis menyusun startegi penyelesaian masalah berdasarkan konsep matematika yang berkaitan dengan masalah. Selain itu siswa dengan tipe kepribadian Guardian dan tipe kepribadian Artisan menyusun stratgei alternatif dalam menyelesaikan masalah untuk mendapatkan selesaian yang lebih tepat. Perbedaan lain terletak pada kemampuan menjelaskan alasan penggunaan strategi penyelesaia yang direncanakan untuk menyelesaikan masalah yang diberikan. Siswa dengan tipe kepribadian Rational tidak menjelaskan alasan penggunaan strategi penyelesaian yang direncanakan untuk menyelesaikan masalah yang diberikan.
Khumaini Sholli, Amirul. 2019. Vocational Students’ Conception about Mathematics as Sensible Based on Personality Types. Thesis. Mathematics Education Program, Postgraduate Program, State University of Surabaya. Supervisors: (I) Dr. Agung Lukito, M. S., dan (II) Dr. Rini Setianingsih, M.Kes.
Keywords: Conception, Mathematics as Sensible, Personality Types
The result showed that there are some differences on students’ conception about mathematics as sensible based on personality type. Students with guardian type, Artisan type, and rational type planed a problem solving strategy based on their previous experience, while student with Idealis type planed a problem solving strategy based on the mathematics concept related to the problem. Students with Guardian type and Rational type planed alternative strategy in solving problem to get better solution. Another difference is in explaining the reason of using strategy. Student with Rational type didn’t explain the reason of using the problem solving strategy.