Pengaruh Job Crafting terhadap Kreativitas melalui Work Engagement sebagai Variabel Mediasi
The Effect of Job Crafting on Creativity through Work Engagement as a Mediation Variable
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara job crafting dan kreativitas. Ini juga memeriksa apakah keterlibatan kerja memediasi hubungan antara kerajinan kerja dan kreativitas. Penelitian ini merupakan penelitian kausal yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Dalam penelitian ini sampelnya adalah 60 pegawai Bank. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah partial least squares (PLS) dengan menggunakan software Smart PLS 3.0. Skala Likert digunakan sebagai skala pengukuran. Hasil uji persamaan model menunjukkan bahwa job crafting berpengaruh signifikan terhadap kreativitas. Job crafting berpengaruh signifikan terhadap kreativitas. berpengaruh pada keterlibatan kerja. Keterikatan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kreativitas. Selain itu, keterikatan kerja sebagai variabel mediasi tidak berpengaruh signifikan terhadap hubungan antara job crafting dan kreativitas. Implikasi manajerial dari penelitian ini, perusahaan dapat meningkatkan job crafting karyawan sehingga karyawan lebih berpotensi untuk menghasilkan kreativitas dalam bekerja.
This study aims to examine the relationship between job crafting and creativity. It also examined whether work engagement mediated the relationship between job crafting and creativity. This research was causal research that used a quantitative approach by collecting data using questionnaire. In this study, the sample was 60 employees of Bank. The analytical method used in this research was partial least squares (PLS) using Smart PLS 3.0 software.The Likert Scale is used as a measurement scale. The results of the model equation test showed that job crafting had a significant effect on creativity. Job crafting had a significant effect on work engagement. Work engagement had no significant effect on creativity. In addition, work engagement as a mediating variable had no significant effect on the relationship between job crafting and creativity.The managerial implication of this study, the company could improve employees’ job crafting so that employees had more potential to produce creativityat work.