ABSTRAK
MAKNA SIMBOLIK KERIS DALAM STRUKTUR SOSIAL KERATON NGAYOGYAKARTA HADININGRAT TAHUN 1855-1877 (Berdasarkan Penelusuran Pustaka)
Nama : Rifki Febriyan Ilham Ramadhan
NIM : 13040284084
Program studi : S1 Pendidikan Sejarah
Jurusan : Pendidikan Sejarah
Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Nama lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dra. Sri Mastuti Purwaningsih, M.Hum.
Keris merupakan benda seni warisan nenek moyang bangsa Indonesia berupa seni tempa logam yang diwariskan kepada kita sebagai salah satu identitas diri. Keris tidak hanya memenuhi keindahan dari aspek fisiknya saja tetapi ada makna-makna yang sangat mendasar di dunia perkerisan, sehingga aspek nilai ini pada akhirnya akan membentuk cara berpikir dan perilaku masyarakat Jawa serta akan melahirkan identitas masyarakat Jawa itu sendiri. Di dalam budaya masyarakat Jawa keris dianggap sebagai benda yang memiliki nilai dan posisi khusus. Keris dalam perkembangannya bukan lagi sebagai senjata pembunuh, melainkan telah menjadi simbolisasi kehidupan masyarakat, atau dengan kata lain sebagai refleksi persona dan kehidupan masyarakat Jawa. Pada masa lalu, keris juga dipakai sebagai simbol identitas diri, baik itu smbol diri pribadi, keluarga, klan dan status sosial.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana gaya perkerisan yang mewakili struktur sosial di Keraton Yogyakarta? (2) Bagaimana makna simbolik keris bagi masyarakat di Keraton Yogyakarta?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan secara praktis terkait menjelaskan makna simbolik keris dalam struktur sosial Keraton Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah metode pendekatan sejarah (historical approach), yang meliputi empat tahapan proses yakni heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, Keris tidak hanya memenuhi keindahan dari aspek fisiknya saja tetapi ada makna-makna yang sangat mendasar di dunia perkerisan, sehingga aspek nilai ini pada akhirnya akan membentuk cara berpikir dan perilaku masyarakat Jawa serta akan melahirkan identitas masyarakat Jawa itu sendiri. Makna simbolik keris dalam struktur sosial Keraton Yogyakarta memberikan gambaran tentang kedudukan atau jabatan seseorang dalam lingkungan Kraton Yogyakarta yang didasarkan pada visual bentuk, warna, maupun cara memakainya. Keris merupakan suatu fisualisasi dari simbol-simbol yang memiliki pemaknaan yang dalam dan rumit, simbol-simbol ini tidak hanya pada visualisasi bentuk keris akan tetapi juga berkait dengan waktu, tempat, penggunaanya. Beberapa aspek yang melekat pada keris tersebut yang akan menunjukkan status sosial seseorang dalam lingkungan keraton.
ABSTRACT
MEANING SYMBOLIC OF KRIS IN THE SOCIAL STRUCTURE OF NGAYOGYAKARTA HADININGRAT PALACE
1855-1877 (Based On Literature Search)
Kris is an art object inherited from the Indonesian Nation in the form of metal forging which is inherited to us as one of our identity. Kris does not only fulfill the beauty of its physical aspects but there are very basic meanings in the world of cooking, so this value aspect will ultimately shape the Javanese society's way of thinking and behavior and will give birth to the identity of the Javanese community itself. In Javanese culture, kris is considered an object that has special values and positions. Kris in its development is no longer a murder weapon, but has become a symbol of people's lives, or in other words as a reflection of the person and life of the Javanese people. In the past, kris was also used as a symbol of self-identity, both personal, family, clan and social status.
The formulation of the problem in this study is (1) how is the kris style representing the social structure in the Yogyakarta Palace? (2) What is the symbolic meaning of the kris for the people in the Yogyakarta Palace?. The purpose of this research is to explain in practical terms the explanation of the symbolic meaning of the kris in the social structure of the Yogyakarta Palace. The method used is the historical approach method, which includes four stages of the process namely heuristics, criticism, interpretation, and historiography.
The results of the study show that kris not only fulfills the beauty of its physical aspects but there are very basic meanings in the world of kris, so this value aspect will ultimately shape the Javanese society's way of thinking and behavior and will give birth to the Javanese identity itself. The symbolic meaning of the kris in the Yogyakarta Palace social structure gives an idea of one's position or position in the Yogyakarta Palace environment which is based on visual form, color, and how to use it. Kris is a realization of symbols that have deep and complex meanings, these symbols are not only in the visualization of the shape of the kris but also in relation to time, place, and use. Some aspects that are attached to the kris will show a person's social status within the palace.