ABSTRAK
Taufiqulloh, 2018. Implementasi Budaya Organisasi dalam Penyelenggaraan Sekolah Islam (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 1 Gresik). Disertasi. Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Promotor: Prof. Dr. Mukhlas Samani, M.Pd, Co-promotor: Prof. Dr. Murtadlo, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis (1) unsur-unsur budaya organisasi yang dikembangkan oleh setiap individu warga sekolah dalam mendukung penyelenggaraan sekolah islam di SMA Muhammadiyah 1 Gresik, (2) penerapan budaya organisasi yang dikembangkan oleh setiap individu warga sekolah dalam mendukung penyelenggaraan sekolah islam di SMA Muhammadiyah 1 Gresik, (3) hasil yang dicapai dari penerapan budaya organisasi yang dikembangkan oleh setiap individu warga sekolah dalam mendukung penyelenggaraan sekolah islam di SMA Muhammadiyah 1 Gresik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Data penelitian ini diperoleh melalui catatan lapangan berdasar hasil interview mendalam, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Sedangkan, analisis datanya dengan melalui tahap kondensasi data, tahap display data dan tahap verifikasi data.
Temuan dalam penelitan ini menunjukkan bahwa pertama, ada beberapa unsur-unsur pembentuk budaya organisasi yang tumbuh dan berkembang pada diri tiap individu warga sekolah yang meliputi keyakinan, nilai-nilai, legenda, bahasa, ritual, iklim, dan struktur fisik. Kedua, penerapan budaya organisasi yang ditunjukkan oleh tiap individu warga sekolah di SMA Muhammadiyah 1 Gresik dilakukan melalui beberapa dimensi yang terdiri atas keterlibatan, konsistensi, adaptabilitas, dan misi. Dan ketiga, hasil penerapan budaya organisasi mengarah pada terbentuknya keteraturan dalam kehidupan organisasi di sekolah, sikap kepemimpinan transformasional pada diri pimpinan sekolah, koordinasi dan integrasi antar individu dalam menunjukkan peran dan fungsi, dan peningkatan komitmen dan kinerja warga sekolah.
Kata Kunci: Budaya organisasi, sekolah Islam, Muhammadiyah.
ABSTRACT
Taufiqulloh. 2018. Implementation of Organisational Culture in Holding and Managing Islamic School (A Case Study at SMA Muhammadiyah 1 Gresik) .Education Management Program. Post Graduate of Universitas Negeri Surabaya. Promotor: Prof. Dr. Mukhlas Samani, M.Pd, Co-promotor: Prof. Dr. Murtadlo, M.Pd
This research was aimed at describing and analyzing (1) factors of the organisational culture developed by each individual of the school members in supporting the establishment of the islamic school at SMA Muhammadiyah 1 Gresik, (2) implementation of the organisational culture developed by each individual of the school members in supporting the establishment of the islamic school at SMA Muhammadiyah 1 Gresik, (3) results of the implementation of the organisational culture developed by each individual of the school members at SMA Muhammadiyah 1 Gresik.
This research used a qualitative approach within case study design. The data of this research were gained through in-depth interview, observation, and documents. The validity of this research was done through doing credibility, tranferability, dependibility, and confirmability. While the data analysis were done through some stages including data condensation, data display, and data verification.
The results of this research revealed that firstly, there were some factors of the organisational culture grown and developed by each individual of the school members including faith, value, legend, language, ritual, climate, and physical building. Secondly, the implementation of the organisational culture showed by each individual of the school members was done through some dimensions encompassing the involvement, consistency, adaptability, and mission. And thirdly, the results of the implementation of the organisational culture led to the shaping of the regularity in the organisation at school, the school leaders’ transformational leadership, coordination and integration among individuals in playing the roles and functions, and the increase of the school members’ commitment and performance.
Key words: Organisational culture, Islamic school, Muhammadiyah