Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, aktivitas peserta didik, dan melatihkan keterampilan komunikasi yang meliputi bertanya dan berpendapat melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi asam basa di kelas XI SMAN 1 Waru Sidoarjo. Desain penelitian yang digunakan adalah One Shoot Case Study dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI IPA 7 yang berjumlah 36 peserta didik. Data hasil penelitian yang diperoleh antara lain (1) Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT memperoleh skor pada pertemuan 1, 2, dan 3 secara berturut-turut sebesar 3,86; 3,90; dan 3,95 dengan ketegori sangat baik. (2) Aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran memperoleh persentase aktivitas yang relevan lebih besar dibandingkan persentase aktivitas yang tidak relevan. (3) Keterampilan komunikasi peserta didik yang dilatihkan memperoleh kriteria penilaian cukup pada kuantitas bertanya dengan persentase selama tiga pertemuan berturut-turut sebesar 25%; 44,44%; dan 55,56% serta kuantitas berpendapat peserta didik memperoleh kriteria penilaian baik selama tiga pertemuan berturut-turut sebesar 41,67%; 61,11%; dan 75%. Pada kualitas bertanya peserta didik memperoleh predikat baik sekali selama tiga pertemuan berturut-turut sebesar 8,33%; 11,11%; dan 25% serta kualitas berpendapat peserta didik memperoleh predikat baik sekali selama tiga pertemuan berturut-turut sebesar 5,56%; 25%; dan 27,78%.
Kata Kunci : kooperatif tipe NHT, keterampilan komunikasi, asam basa.
The aim of this research is to description the implementation of cooperative learning model NHT, students activity and practice communication skills which include asking questioning and opinions through implementation of cooperaive learning model NHT on the material of acid base class XI SMAN 1 Waru Sidoarjo. The research design used is One Shoot Case Study with research subject student in class XI IPA 7 of 36 students. Research data obtained include (1) Implementation of cooperative learning model NHT to get a score at meetings 1, 2, and 3 in a row of 3,86; 3,90; and 3,95 with very good category. (2) The students activities during the learning process get the relevant percentage of student student activity greater than the percentage of student activities that are irrelevant. (3) Communication skills of students who are trained obtain sufficient criteria on the quantity of questions with a percentage for three consecutive meetings of 25%; 44,44%; and 55,56% and the quantity of opinion students get a good assessment criteria for three consecutive meetings of 41,67%; 61,11%; and 75%. On the quality of asking students get an excellent title for three consecutive meetings 8,33%; 11,11%; and 25% and the quality of opinion students get an excellent title for three consecutive meetings of 5,56%; 25%; and 27,78%.
Keyword : cooperative learning model NHT, communication skill, acid base.