Keterampilan menulis memiliki reputasi buruk karena metode yang digunakan guru terlalu monoton, dan kurangnya pengetahuan tata bahasa dan sintaksis. Dalam pembelajaran, guru tidak menjelaskan bahaimana menulis dengan baik. Hal itu membuat murid-murid memilih untuk menyalin teks dari pada membuat dengan menggunakan kata-kata mereka sendiri keika guru menuruh mereka untuk mengidentifikasi dan meulis teks, khususnya pada narrative teks, yang mana memiliki lebih banyak struktur kalimat dari pada teks yang lain. Menulis tidak hanya membutuhkan teori tapi juga praktek. Oleh sebab itu, pembelajara berbasis projek adalah salah satu metode yang tepat untuk diaplikasikan karena murid akan mendapatkan teori juga prakteknya, dan poster adalah produk tepat yang bisa melatih murid-murid untuk membuat kalimat yang padat dengan menggunakan kalimat mereka sendiri. Penelitian ini menyelidiki implementasi guru dalam pembelajaran berbasis projek dan juga menyelidiki hasilnya yang mana poster sebagai produk siswa. Qualitative research dijadikan desain dalam penelitian ini. Terdapat tiga macam instrument; observasi untuk mengetahui cara guru mengajar menggunakan PBL, dokument dijadikan bukti untuk mengetahuihasil dari projek siswa dan wawancara sebagai refleksi guru setelah mengimplementasikan metodenya dan untuk mengetahui sudut pandang guru pada project. Hasil menujukkan bahwa implementasi pembelajaran berbasis projek melalui poster belum memenuhi kriteria pada prosedur pembelajaran berbasis projek. Akhirnya, itu juga memberi efek pada hasil dari pembelajaran berbasis projek itus endiri, yang mana poster sebagai projek siswa. hasil menunjukkan bahwa projek siswa juga tidak memenuhi kriteria dari penilaian poster.
Kata Kunci : Project based learning, poster, keterampilan menulis, narrative teks.
Writing skill has a bad reputation since the method that is used by the teacher is monotonous, and the student less-knowledge of grammar and syntax. In the real teaching, teacher does not explain about how to write well. It makes the students prefer to copy the text than to make their own words when the teacher ask them to identify and write the text, especially in narrative text , which has much generic structures than others. Writing does not only need a theory but also need a practical. Hence, project based learning through poster is one of method that is appropriate to be applied, since the student will get the value both theory and practical, and poster is suitable product that can train the students to make a limit sentence by using their own word. This study investigated the teacher implementation of project based learning and its’ result through poster as the student product. Qualitative research was be used as the research design. There were three instruments; observation to know the teacher way in teaching using PBL, document as the evidence to know the result of the project and interview as the teacher reflection after implementing the method and to know the teacher’s point of view of the project. The result showed that the implantation of project based learning through poster had not fulfilled the criteria of procedural project based learning. As the result, it also gave the effect of the result of project based learning, which was poster as the student project. The result showed that the student project also did not fulfill the criteria of poster scoring in narrative text.
Keywords: Project based learning, poster, writing skill, narrative text.