Pembelajaran Musik Kolaborasi Sebagai Implementasi Konsep Merdeka Belajar
Learning Music Collaboration As Implementation The Concept Of Free To Learn
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Makarim menggulirkan program inisiatif merdeka belajar karena melihat kualitas pendidikan di Indonesia yang masih perlu peningkatan. Konsep merdeka belajar menekankan pada kebebasan berpikir dan kemerdekaan belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dan hal tersebut dapat diimplementasikan melalui pendidikan seni. Tujuan penulisan ini (1) mendeskripsikan konsep merdeka belajar dalam pendidikan seni, (2) mendeskripsikan merdeka belajar dalam pembelajaran musik kolaborasi, (3) mengkaji dampak implementasi konsep merdeka belajar dalam pembelajaran musik kolaborasi.
Esensi penulisan ini, sebagai calon guru pendidikan seni, perlu mengetahui hal substansial untuk pelaksanaan konsep merdeka belajar. Implikasi penulisan ini diantaranya adalah pendidikan seni akan mendapat perhatian besar di sekolah, guru atau pendidik lebih mengetahui suasana belajar yang diinginkan peserta didik dengan memunculkan berbagai alternatif belajar, serta penggunaan teknik kolaborasi dalam pembelajaran musik akan berkembang sehingga musik kolaborasi menjadi alternatif dalam proses pembelajaran musik maupun pertunjukan musik.
Hasil pembahasan menunjukkan bahwa 1) Konsep merdeka belajar dalam pendidikan seni sangat efektif dilaksanakan karena pendidikan seni mengacu pada teori humanistik yang menekankan pada kecerdasan emosional serta pembelajaran mengikuti keinginan, minat dan bakat peserta didik, sehingga sesuai dengan konsep merdeka belajar yang menekankan pada kebebasan berpikir dan kemerdekaan belajar. 2) Musik kolaborasi sebagai salah satu materi pendidikan seni dalam implementasi konsep merdeka belajar akan memberikan wadah bagi peserta didik dalam menuangkan imajinasi melalui teknik kolaborasi musik. Kebebasan dalam berkreasi diberikan penuh kepada peserta didik saat proses kolaborasi, sehingga peserta didik antusias mengikuti proses belajar dan kegiatan pembelajaran menyenangkan. 3) Implementasi merdeka belajar dalam pembelajaran musik kolaborasi akan memberikan dampak berupa peningkatan kreativitas dan pengembangan potensi yang ada dalam diri peserta didik sehingga hasil belajar meningkat.
Kata kunci: Merdeka Belajar, Pendidikan Seni, Musik Kolaborasi, Kebebasan Berpikir
Minister of Education and Culture of the Republic of Indonesia, Nadiem Makarim said about an independent learning initiative program which sees from the quality of education in Indonesia that still needs improvement. The concept of independent learning emphasizes in the freedom of thoughts and learning of students in learning activities and this can be implemented through art education. The purpose of this article is (1) to describe the concept of independent learning in art education, (2) describe the freedom of learning in collaborative music learning, (3) examine the impact of the implementation of the concept of independent learning in collaborative music learning.
The essence of this writing, as a prospective art education teacher, needs to know substantial things for the implementation of the concept of independent learning. The implication of this writing is that art education will receive great attention in schools, teachers or educators better know the learning atmosphere desired by students by bringing up various learning alternatives, and the use of collaborative techniques in music learning will develop so that collaborative music becomes an alternative in the process of learning music and music show.
The results of the discussion show that 1) The concept of independent learning in art education is very effective because art education refers to humanistic theories that emphasize emotional intelligence and learning to follow the desires, interests and talents of the students, so this is similar with the concept of independent learning itself. 2) Collaborative music as an art education material in the implementation of the concept of independent learning will give forum for students to express their imagination through music collaboration techniques. Freedom in creativity is given fully to the students during the collaboration process, so that students are enthusiastic about participating in the learning process and fun learning activities. 3) Implementation of independent learning in collaborative music learning will give impact in the form of increased creativity and potential development within learners so it will help the learning outcomes increase.
Keywords: Freedom of Learning, Art Education, Collaborative Music, Freedom of Thought