Abstrak
Penelitian kualitatif ini menggambarkan Keterampilan Proses Sains Mindset (Keterampilan Proses Sains Mindset) dari Siswa Fisika dalam Melaksanakan Eksperimen Fisika Eksperimental. Dari hasil penelitian secara keseluruhan memberikan profil atau karakteristik keempat siswa diamati tentang latar belakang pendidikan hingga cara melakukan eksperimen fisika eksperimen. Dua sampel siswa memiliki profil yang berbeda satu sama lain, beberapa memiliki pola pikir bawaan dari perilaku keluarga, beberapa cepat beradaptasi dengan lingkungan, ada juga karakter unik dengan rasa ingin tahu yang tinggi.
Untuk peningkatan pembelajaran Fisika Eksperimental, peneliti merekomendasikan suatu bentuk pembelajaran Fisika Eksperimental seperti yang terlihat pada bagan 3.
ABSTRACT
This qualitative research describe Mindset Science Process Skills (Mindset Science Process Skills) of Physics Students in Implementing Experiments of Experimental Physics. From the research as a whole gives the profile or characteristics of the four students observed about the educational background up to the way of doing experimental physics experiments. two samples of students have profiles that different each other, some have a congenital mindset from behavior of the family, some quickly adapt to the environment, there is also a unique character with highly curiosity.
For the improvement of the Experimental Physics learning, the researcher recommended a form of Experimental Physics learning as seen in chart 3.1.