ABSTRAK
Dalam berkomunikasi kita memerlukan modalitas. Modalitas digunakan sebagai alat untuk menunjukkan sikap penutur terhadap suatu keadaan atau peristiwa, apakah berupa kemungkinan, kemampuan, keinginan, izin dan sebagainya. Pada hal ini keterangan dalam kalimat yang menyatakan sikap penutur terhadap hal yang dibicarakan yaitu mengenai keadaan, peristiwa, perbuatan atau sikap terhadap mitra tuturnya disebut dengan modalitas (Chaer, 2014:262). Diantara banyaknya jenis modalitas dalam hal ini penulis akan membahas modalitas epistemik yang ada dalam buku ajar Netzwerk A1. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk modalitas epistemik dalam buku Netzwerk A1 serta bagimana makna modalitas epistemik yang ada dalam buku Netzwerk A1. Adapun tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan bentuk modalitas epistemik dalam buku Netzwerk A1 dan mendeskripsikan makna modalitas epistemik dalam buku Netzwerk A1. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori modalitas epistemik dari Zifonun dkk. Cara analisis data yang berupa kalimat dilakukan mulai dari segi sintaksis, semantik dan pragmatik dimana merupakan kesatuan utuh dalam menganalisis modalitas. Hasil penelitian ini adalah ditemukannya 9 penanda modalitas epistemik dalam buku Netzwerk A1 yang terdiri atas 28 penanda epistemik können, 7 penanda epistemik müssen, 8 penanda epistemik vielleicht dan 1 penanda epistemik wahrscheinlich. Kemudian dari 28 penanda epistemik können merupakan makna kemungkinan. Dari 7 penanda epistemik müssen terdapat 4 data makna kepastian dan 3 data makna keharusan. Dari 8 penanda epistemik vielleicht 6 data makna kemungkinan dan 2 data makna kepastian serta dari 1 data penanda epistemik wahrscheinlich merupakan makna kemungkinan.
Kata kunci: modalitas, epistemik, Netzwerk A1.
ABSTRACT
In communicating we need modality. Modality uses as a tool to show the attitude of the speaker toward a situation or event, whether in the forms of possibility, ability, desire permit and so forth. According to Chaer (2014:262) modality is an explanation in the sentences which states the attitude of the speaker to the matter being discussed about situations, events, actions or attitudes towards the listener. Among the many kinds of modalities, in this case, the researcher will discuss the epistemic modality in the Netzwerk A1 textbook. Research questions posed are how the forms of epistemic modality and how the meanings of epistemic modality in the Neztwerk A1 textbook. This research aimed to describe the forms of epistemic modality and the meanings of epistemic modality in the Netzwerk A1 textbook. This research is qualitative research. Theory of epistemic modality (epistemic use) from Zifonun et al. is used in this research. Data analysis is starting from analyzing sentences in terms of syntax, semantics, and pragmatics. Research results postulate that there are 45 epistemic forms in the Netzwerk A1 textbook. They consist of 28 epistemic forms können, 7 epistemic forms müssen, 8 epistemic forms vielleicht, and 1 epistemic form wahrscheinlich. The n from 28 epistemic forms können are the meaning of possibility. From 7 epistemic forms müssen there are 4 data certainty meanings and 3 data necessity meanings. From 8 epistemic forms vielleicht, there are 6 data possibility meanings and 2 data certainty meanings, and 1 data from the epistemic form is the meaning of possibility.
Keywords: modality, epistemic, Netzwek A1.