PROFIL KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SISWA MIN 7 NGANJUK DALAM INTERELASI KUALITAS HIDUP SISWA
PROFILE OF STUDENTS' GROSS MOTOR ABILITY OF MIN 7 NGANJUK IN INTERELATION OF STUDENTS' QUALITY OF LIFE
Kualitas hidup anak ditentukan oleh perilaku kesehatan dalam sehari-harinya baik dalam kondisi fisik maupun psikis. Keterampilan motorik kasar adalah gerakan tubuh yang menggunakan sebagian besar otot besar atau seluruh ekstremitas yang dipengaruhi oleh kematangan anak, meliputi gerakan motorik dasar, gerakan non motorik, dan manipulasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kualitas hidup, kemampuan motorik kasar anak dan juga hubungan antara kualitas hidup dan motorik kasar. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan survey. Total 33 sampel berpartisipasi dalam penelitian ini. KIDSCREEN27 digunakan dalam mengukur kualitas hidup anak. Sedangkan motorik kasar pada anak menggunakan instrumen Barrow Motor Ability Test. Analisis data menggunakan analisis persentase, independent sample dan bivariate Pearson correlation. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata kualitas hidup siswa pada intesitas sedang yaitu sebanyak 54,5%, hasil nilai p-value dari uji independent sample keselurhan 0,28 sehingga antara laki-laki dan perempuan tidak ada perbedaan dalam kualitas hidupnya. Kemudian pada kemampuan motorik kasar siswa rata-rata pada intensitas sedang yaitu sebanyak 48,5%, p-value dari uji independent sample keseluruan adalah 0,000 sehingga antara siswa laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan yang signifikan. Uji bivariat pearson correlation variabel kualitas hidup dengan motorik kasar siswa diperoleh skor p-value 0,149. Hal ini menunjukkan antara variabel kualitas hidup dan motorik kasar tindak menunjukkan keterkaitan dan tidak ada korelasinya.
The quality of life of children is determined by their daily health behavior, both in physical and psychological conditions. Gross motor skills are body movements that use most of the large muscles or all of the extremities that are influenced by the maturity of the child, including basic motor movements, non-motor movements, and manipulations. The purpose of this study was to describe the quality of life, gross motor skills of children and also the relationship between quality of life and gross motor skills. The method in this study uses descriptive quantitative survey. A total of 33 samples participated in this study. KIDSCREEN27 is used to measure children's quality of life. While gross motor skills in children use the Barrow Motor Ability Test instrument. Data analysis used percentage analysis, independent sample and bivariate Pearson correlation. The results showed that the average quality of life of students at moderate intensity was 54.5%, the result of the p-value of the independent sample test was 0.28 so that between men and women there was no difference in the quality of life. Then on the gross motor skills of students, the average intensity is 48.5%, the p-value of the overall independent sample test is 0.000 so that between male and female students there is a significant difference. The bivariate Pearson correlation test for students' quality of life with gross motor skills obtained a p-value of 0.149. This shows that the variables of quality of life and gross motor skills are related and there is no correlation.