Perancangan Identitas Visual Merek Tandai
Designing The Visual Identity of The Tandai Brand
Bisnis fashion bersifat dinamis dan akan berkembang tiada henti karena trend yang semakin hari semakin beragam. Tandai merupakan salah satu merek kaos yang mendukung para remaja muslimah yang ingin tampil trendy namun juga masih dapat merasakan kenyamanan, Tandai memproduksi kaos lengan panjang yang hijab friendly untuk remaja perempuan muslim. Namun, karena Tandai merupakan merek baru Tandai masih belum memiliki identitas yang dapat membedakannya dengan produk dari kompetitor sejenis sehingga perlu adanya perancangan identitas visual agar produk Tandai dapat dikenali dengan mudah oleh masyarakat. Metode Perancangan ini diawali dengan identifikasi masalah, amengumpulkan data, identifikasi data, analisis yang digunakan yaitu apa, siapa, kapan, dimana, mengapa, dan bagaimana. Setelah analisis, tahap berikutnya yaitu penyusunan konsep, dan visualisasi. Hasil dari perancangan identitas visual ini berupa logo yang sesuai dengan konsep dan identitas dari merek TandaI. Logo akan diterapkan pada berbagai media yang dimiliki oleh merek Tandai seperti GSM, Price tag, nota, signboard, Paper sleeve, kemasan pillow bag dan merchandice.
The fashion business is dynamic and will develop continuously because trends are becoming more diverse daily. Tandai is a t-shirt brand that supports Muslim teenage girls who want to look trendy but still feel comfortable. Tandai produces long-sleeved t-shirts that are hijab friendly for Muslim adolescent girls. However, because Tandai is a new brand, Tandai still does not have an identity that can differentiate it from products from similar competitors, so it is necessary to design a visual identity so that the public can easily recognize Tandai products. This design method begins with problem identification, data collection, data identification, and analysis used, namely what, who, when, where, why, and how. After analysis, the next stage is concept preparation and visualization. The result of designing this visual identity is a logo that matches the concept and identity of the TandaI brand. The logo will be applied to various media owned by the Tandai brand such as GSM, price tags, notes, signboards, paper sleeves, pillow bag packaging, and merchandise.