Implementation of Problem Based Learning Model Assisted by IOPhy (Interactive Module for Physics) to Improve Students Critical Thinking Ability in High School
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan keterlaksanaan model PBL yang berbantuan IOPhy terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkan model PBL yang berbantuan IOPhy, (3) mendeskripsikan respons peserta didik setelah diterapkan model PBL yang berbantuan IOPhy pada pembelajaran fisika.Penelitian ini merupakan jenis penelitian true experimental dengan randomized subject control-group pre-test and post-test design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 142 peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kedamean, dengan jumlah sampel sebanyak 105 peserta didik. Hasil analisis nilai observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan model PBL berbantuan IOPhy telah berhasil dilaksanakan dengan kategori sangat baik. Hasil analisis aktivitas kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas dengan model PBL berbantuan IOPhy mendapatkan nilai dengan kategori sangat baik dibandingkan dengan kelas dengan model PBL berbantuan power point yang mendapatkan kategori nilai baik dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional yang mendapatkan kategori nilai cukup. Terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah mendapatkan perlakuan. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan kategori tinggi terjadi pada kelas dengan model PBL berbantuan IOPhy. Sedangkan kelas dengan model PBL berbantuan power point dan kelas dengan model pembelajaran konvensional mengalami peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kategori sedang. Respons peserta didik terhadap implementasi model PBL berbantuan IOPhy menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis, sehingga dapat dijadikan sebagai inovasi dalam pembelajaran fisika. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah dapat melakukan penelitian pada materi lain dan mengembangkan IOPhy untuk sistemo persional selain android.
This study was conducted with the objective of (1) describing the implementation of PBL assisted by IOPhy on the critical thinking ability of the pupils (2) describing improvement in critical thought abilities of student after applying PBL assisted by IOPhy (3) describing students responses after apply the PBL Model Assisted by IOPhy on the learning of physics.This is a type of true experimental study with randomized subject control-group pre-test and post-test design. The population in this study amounted to 142 students of XI grade State High School 1 Kedamean, with a sample of 105 students. The results of the observation analysis of the performance of learning with the PBL assisted IOPhy model have been successfully carried out with the category very good. Results of the analysis of activity of critical thinking ability students in the class with the model PBL assisted by iOPhy obtained a rating with very good category compared to class with a power point assisted PBL model that obtains a good value category and control class with conventional learning model that gets a sufficient value category. There was an improvement in the critical thinking ability of the students after receiving treatment. Improved critical thinking with high categories occurred in classes with PBL assisted by IOPhy, whereas classes with PBL assisted by power point and classes with conventional learning models experienced improvements in critical thinking medium categories. Students' responses to the implementation of the PBL assisted by IOPhy showed that there was an improvement in critical thinking, so it could be used as an innovation in physics learning. The advice for future researchers is to be able to do research on other materials and develop IOPhy for operational systems other than android.