Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terkait Mutu Pembelajaran Di SDN Lidah Wetan II Surabaya
Implementation of Principal Academic Supervision Regarding Learning Quality at SDN Lidah Wetan II Surabaya
Salah satu hal yang perlu dilaksanakan dalam peningkatan kualitas pembelajaran ialah dengan pelaksanaan pengawasan dalam proses pendidikan atau biasa disebut dengan supervisi. Tentunya pelaksanaan supervisi tidak dapat dipisahkan dari proses pelaksanaan pendidikan. Pelaksanaan supervisi yang berkelanjutan tentunya akan dapat diketahui berbagai hal, baik kendala yang dihadapi hingga keberhasilan dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang dilaksanakan. Hasil dari proses supervisi akan sangat bermanfaat untuk para guru dalam hal evaluasi atau perbaikan pada proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas. Selain itu, pelaksanaan supervisi akademik yang berkelanjutan sangat bermanfaat dalam peningkatan kualitas pembelajaran di kelas, karena supervisi akademik yang berkelanjutan mampu dijadikan acuan dalam penilaian suatu kualitas pembelajaran. Pelaksanaan supervisi tidak dapat terlepas dari peran seorang supervisor di sekolah yaitu kepala sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi supervisi akademik dari proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah. Peneliti telah melaksanakan penelitian secara kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara telah dilakukan dengan Kepala Sekolah, Koordinator kurikulum dan guru kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Implementasi supervisi akademik dilakukan kepala sekolah dengan bekerja sama dengan tim kurikulum untuk melakukan penyusunan program supervisi, lalu supervisi dilaksanakan dengan teknik kunjungan dan observasi kelas. Lalu kepala sekolah berperan dalam setiap tahapan yakni mulai pada proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
Kata Kunci : Implementasi, Kepala Sekolah, Mutu Pembelajaran, Supervisi Akademik
One of the things that needs to be done in improving the quality of learning is by implementing supervision in the educational process or commonly called supervision. Of course, the implementation of supervision cannot be separated from the process of implementing education. The implementation of continuous supervision will of course be able to know various things, both the obstacles encountered to the success in achieving the learning objectives implemented. The results of the supervision process will be very useful for teachers in terms of evaluating or improving the learning process carried out in class. In addition, the implementation of continuous academic supervision is very useful in improving the quality of learning in class, because continuous academic supervision can be used as a reference in evaluating the quality of learning. The implementation of supervision cannot be separated from the role of a supervisor at school, namely the school principal.
This study aims to find out how academic supervision is implemented from the process of planning, implementing and evaluating academic supervision carried out by school principals. Researchers have carried out qualitative research using interview techniques, observation and documentation. Interviews were conducted with the Principal, curriculum coordinator and class teachers. The results of this study indicate that the implementation of academic supervision is carried out by the principal in collaboration with the curriculum team to carry out the preparation of the supervision program, then the supervision is carried out using class visit and observation techniques. Then the principal plays a role in every stage, starting from the process of planning, implementing and evaluating.
Keywords: Academic Supervision, Implementation, Learning Quality, School Principal