DEVELOPMENT of LEARNING MATERIALS using QUESTION WEB METHOD to TRAIN SCIENCE PROCESS SKILLS
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis jejaring pertanyaan untuk melatihkan keterampilan proses sains pada materi suhu dan kalor. Desain pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu model Kemp. Penelitian ini diujicobakan pada siswa kelas VII SMP Daruttaqwa Gresik tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design dengan replikasi 5 kali. Data yang dikumpulkan berupa data validasi perangkat, data observasi keterlaksanaan RPP, data observasi pertanyaan siswa, data hasil tes pretest dan posttest, data penilaian afektif dan psikomotor serta data angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perangkat yang dikembangkan peneliti berkategori valid; 2) kepraktisan perangkat dilihat dari keterlaksanaan RPP yang menunjukkan hasil dengan rentang kategori baik hingga baik sekali serta keaktifan siswa di kelas selama pembelajaran yang menunjukkan hasil positif; 3) keefektifan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil ketercapaian keterampilan proses sains siswa yang dilihat dari kenaikan N-Gain dari pretest dan posttest; respon siswa selama proses pembelajaran menunjukkan respon positif terutama pada pengajuan pertanyaan. Bedasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis jejaring pertanyaan untuk melatihkan keterampilan proses sains yang dikembangkan tergolong layak karena memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Kata Kunci : jejaring pertanyaan, Eksperimen, Keterampilan Proses Sains
This study is development research that aims to produce a question web learning method to train science process skill in heat and temperature’s matter. This research used development design of Kemp model. This study was piloted in seventh grade students of Daruttaqwa Junior High School in 2021/2022. This study use a one group pretest-posttest design with 5 times replication. Data collected is validation data, observations of RPP implementation, question data, pretest and posttest test results, affective and psychomotor assessment and student response questionnaire. The results showed that: 1) the learning set that developed by the researcher was valid; 2) the practicality of the set can be seen from the implementation of the lesson plans that show results with a range of categories from good to excellent and the activeness of students in class during learning that shows positive results; 3) the effectiveness of learning tools seen from the results of the achievement of students' science process skills as seen from the increase in N-Gain from the pretest and posttest; student response during the learning process showed a positive response, especially on the deliver question. Based on the results, it shows that the experimental-question web learning to train science process skill which was developed is eligible because it fulfills valid, practical and effective criteria.
Key words : Question Web, Experimental, Science Process Skill