VOCATIONAL HIGH SCHOOL STUDENTS METACOGNITIVE LEARNING STRATEGIES IN ENGLISH SPEAKING PERFORMANCE
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi penggunaan Strategi Pembelajaran Metakognitif untuk siswa sekolah menengah kejuruan dalam penampilan berbicara mereka. Oleh karena itu, tiga pertanyaan penelitian telah ditarik untuk penelitian ini adalah: (1) Apa jenis strategi Metakognitif yang diterapkan oleh siswa SMK dalam penampilan berbicara?, (2) Bagaimana siswa SMK menerapkan strategi Metakognitif dalam penampilan berbicara mereka?, dan (3 ) Bagaimana kinerja berbicara siswa dalam kemampuan berbicara mereka?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menyelidiki Strategi Pembelajaran Metakognitif yang digunakan oleh siswa SMK. Subyek penelitian ini adalah siswa sekolah menengah kejuruan dari kelas pariwisata. Untuk memperoleh data dilakukan observasi, wawancara, dan rubrik berbicara. Langkah-langkah untuk menganalisis data adalah, 1) Mempersiapkan dan mengorganisir, 2) Transkrip dan pengkodean, 3) Interpretasi. Pada tahap observasi, peneliti mengumpulkan data dari lembar observasi checklist dan transkrip siswa. Sedangkan pada tahap wawancara, peneliti mengumpulkan data dari transkrip hasil wawancara sementara rubrik berbicara digunakan untuk mengetahui hasil penampilan berbicara siswa.
Temuan mengungkapkan bahwa (1) Para siswa menggunakan taktik metakognitif baik secara sadar maupun tidak sengaja dalam berbagai cara yang kemungkinan hampir identik. (2) penampilan berbicara siswa menunjukkan hasil yang memuaskan dan baik dalam penampilan mereka. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang menggunakan tiga perangkat utama Strategi Pembelajaran Metakognitif dengan baik selama dan setelah proses belajar mengajar. Mereka dapat menerima pengetahuan dan informasi dari guru lebih baik dari yang lain, dan (3) guru juga menggunakan salah satu strategi. Itu adalah strategi pembelajaran yang berpusat pada kasus-kasus tertentu seperti meninjau materi dan membantu guru untuk mengontrol dan mengelola kelas dengan baik
Para siswa diharapkan mengetahui kebutuhan dan karakteristik mereka sendiri dalam proses pembelajaran untuk membantu mereka melaksanakan materi yang diberikan oleh guru dengan baik dan mengatasi kesulitan mereka dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Penting bagi mereka untuk mengetahui cara mereka belajar dan menerapkan pengetahuan dan informasi yang mereka miliki. Pada jenjang sekolah menengah kejuruan ini, mereka sangat dituntut untuk belajar dan menggunakan bahasa Inggris dalam hal keterampilan berbicara dalam kegiatan sehari-hari karena mereka akan menggunakannya sebagai komunikasi penting di tempat kerja.
The purpose of this study is to explore the use of Metacognitive Learning Strategies for vocational high school students in their speaking performance. Therefore three research questions have been drawn for this present study are: (1) What kinds of Metacognitive strategies are implemented by vocational students in speaking performance?, (2) How do vocational students implement Metacognitive strategies in their speaking performance?, and (3) How is the students’ speaking performance in their speaking ability?.
This study used a qualitative approach to investigate Metacognitive Learning Strategies used by vocational high school students. The subject of this study was the students of vocational high school from tourism class. To gain the data, observation, interview, and rubric speaking were conducted. The steps for analyzing the data were, 1) Preparing and organizing, 2) Transcribing and coding, 3) Interpreting. In the observation stage, the researcher collected the data from the observation sheets checklist and the transcript students. Meanwhile in the interview stage, the researcher collected the data from the transcripts of interview results while speaking rubric were used to gain the result of students speaking performance.
The findings revealed that (1) The students used metacognitive tactics both consciously and accidentally in a variety of ways that were likely nearly identical. (2) the students’ speaking performance showed satisfying and good result in their performance. It could be seen from the students who used three main set of Metacognitive Learning Strategies well during and after teaching learning process. They could receive knowledge and information from the teacher better than others, and (3) the teacher was also used one of the strategies. It was the centering learning strategies in specific case such as overviewing the materials and help the teacher to control and manage the class well
The students are supposed to know their own needs and characteristics in learning process in order to help them executing the material given by the teacher well and overcome their difficulties in accomplishing the task given. It is necessary for them to know their ways to learn and apply the knowledge and information they possess. In this level of vocational high school, they are highly demanded to learn and use English in terms of speaking skill in their daily activity since they are going to use it as essential communication in workplace.