Penerapan Permainan Papan untuk Mengajar Berbicara Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas
The Implementation of Board Games in Teaching Speaking for Tenth Graders in Senior High School
Abstrak
Keterampilan berbicara adalah salah satu aspek yang sangat penting untuk berkomunikasi dan kemampuan yang harus diajarkan di kelas. Sayangnya, menguasai keterampilan berbicara untuk siswa yang mempelajari bahasa asing yaitu bahasa Inggris tidak mudah. Faktanya, banyak siswa takut berbicara bahasa Inggris di kelas. Sehingga, guru harus mengajar menggunakan media yang sesuai. Permainan papan adalah media yang mudah dan mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Inti dari tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana board game bisa digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris khususnya berbicara teks deskriptif dan untuk mengetahui bagaimana tanggapan siswa mengenai penggunaannya dalam proses pembelajaran. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Observasi, catatan lapangan, dan hasil angket digunakan untuk menemukan data yang diperlukan pada penelitian ini.. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Sumenep dengan subjek peneltian ini adalah salah satu guru bahasa Inggris dan dua puluh sembilan (29) siswa kelas X IPA 3 dengan kemampuan berbicara bahasa Inggris yang berbeda dipilih untuk menjadi subjek pada penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan papan memberikan dampak positif dalam mengembangkan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa dalam proses belajar dan mengajar. Hal tersebut dibuktikan dengan pernyataan siswa dalam kuisioner bahwa penggunaan permainan papan dapat memotivasi dan menarik minat siswa sehingga siswa lebih berani dalam berbicara teks deskriptif. Penggunaan permainan papan juga membuat siswa lebih memperhatikan penjelasan guru dalam proses belajar dan mengajar, serta membuat siswa merasa nyaman selama proses pembelajaran. Kesimpulannya, penggunaan permainan papan sebagai media untuk mengajar teks deskripsi sangat efektif terhadap guru dan media untuk berlatih meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris mereka terutama pada teks deskriptif.
Kata Kunci: Berbicara, Teks Deskriptif, Permainan Papan.
Abstract
The ability to speak is one of the aspects which are very important to communicate and the ability to be taught in the classroom. Unfortunately, mastering speaking skills for students who learn a foreign language that is English is not easy. In fact, there are many students are afraid of speaking English when studying in class. Thus, the teacher should teach using an acceptable media. An easy medium capable to promote students’ speaking capacity is a board game. However, the points of this study are to describe how the board game can be used in the process of learning English especially speaking descriptive texts, and to find out how students’ respond to their use in the learning process.
However, the points of this study are to describe how the board game can be used in the process of learning English especially speaking descriptive texts, and to find out how students’ respond to their use in the learning process. The researcher used qualitative research. Observation checklist, field note, and the result of the questionnaire were used in the injunction to find the data required for this research. This study was conducted at SMAN 1 Sumenep. The participant for this study were an English teacher and twenty-nine (29) students of X IPA3 class with different speaking skills to be the subjects of this research.
The result of this study is boardgame gave an encouraging impact on the increase students’ speaking proficiency. It was substantiated by the students’ opinion in the questionnaire that uses of boardgame could motivate and attract students’ interest so students can be brave in speaking descriptive text. The use of board games also could make the students more aware of the teacher’s explanation in learning process, also could make the students relaxed in class. In conclusion, implementing a board game as a medium to teach speaking descriptive text was very useful for the teacher and stimulating media for students to increase their speaking ability especially in descriptive text.
Keywords: Speaking, Descriptive Text, Boardgame