Penggunaan Metode Analisis Glass Untuk Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kesulitan Belajar.
Penggunaan metode analisis glass sebagai metode yang tepat untuk mengatasi permasalahan anak berkesulitan belajar membaca (disleksia). Metode ini dianggap tepat karena dapat menstimulasi kemampuan membaca anak berkesulitan belajar, Metode analisis glass mengajak anak belajar melafalkan dan membedakan bunyi huruf, serta kata yang memiliki bentuk dan bunyi yang hampir sama. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penggunaan metode analisis glass untuk kemampuan membaca permulaan anak disleksia. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan metode literatur review jurnal dan buku yang dilakukan dengan menganalisa, mengevaluasi, dan memadukan penelitian, teori, serta praktik dari penelitian yang sesuai dengan topik pembahasan. Berdasarkan studi literatur review hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode analisis glass untuk kemampuan membaca permulaan anak disleksia dapat mendukung pembelajaran dalam belajar membaca permulaan dengan menekankan latihan auditoris dan visual yang berpusat pada kata yang dipelajari pemecahan sandi (decoding) dan membaca (reading). Sehingga saat intervensi metode ini mampu menurunkan kesalahan membaca anak.
Kata Kunci : Metode Analisis Glass, Disleksia, Kemampuan Membaca Permulaan.
The use of glass analysis method as the right method to overcome the problem of children with difficulty learning to read (dyslexia). This method is considered appropriate because it can stimulate the reading ability of children with learning difficulties, Glass analysis method invites children to learn to recite and distinguish the sounds of letters, as well as words that have almost the same shape and sound. This study aims to describe the use of glass analysis methods for the ability to read the beginnings of dyslexic children. This study uses quantitative data analysis techniques with literature review methods of journals and books conducted by analyzing, evaluating, and combining research, theory, and practice of research that corresponds to the topic of discussion. Based on the study of literature review results showed that the use of glass analysis methods for the ability to read the beginning of dyslexic children can support learning in learning to read early by emphasizing auditory and visual exercises centered on the words learned decoding and reading. So that when intervention this method is able to reduce the misreading of the child.
Keywords: Glass Analysis Method, Dyslexia, Early Reading Ability.