Konstruksi Mahasiswa FISH Tentang Demonstrasi Sebagai Saluran Penyampaian Aspirasi Politik
FISH Students on Construction The Demonstrations as a Channel To Convey Political Aspiration
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara aktual dan faktual mengenai konstruksi mahasiswa terkait demonstrasi sebagai saluran penyampaian aspirasi politik. Penelitian ini menggunakan teori konstruksi sosial menurut Berger dan Luckman (1990) dalam Manuaba (2008) mengenai kenyataan sosial yang dilihat melalui fase eksternalisasi, objektivasi dan internalisasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus mengacu pada pendapat Yin (2011). Teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan pendapat Miles dan Huberman dengan empat tahapan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan keimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pertama, bahwa pengetahuan mahasiswa yang terbentuk tentang demonstrasi bermula dari sosialisasi sekunder yang berasal dari lingkungan tempat tinggal maupun lingkungan tempat mereka menjalankan aktivitas dimana dari hal ini diperoleh pengalaman pengalaman individu. Pada tahapan ini mahasiswa FISH akan memiliki konstruksi tentang demonstrasi yang berbeda dipengaruhi dari lokasi yang ada. Kedua Objektivasi ini berkenaan dengan apa yang mereka alami atau tahapan pengalaman pribadi dari individu dalam mengartikan sebuah realitas. Dalam realitas mahasiswa FISH yang memilih demonstrasi memiliki pengalaman terkait demonstrasi yang terjadi. Pengalaman tidak diartikan sebagai apa yang mereka alami. Tetapi apa yang mereka lihat atau rasakan dengan panca indera yang mereka miliki kemudian mempengaruhi konstruksi mereka dalam mengartikan atau mendeskripsikan demonstrasi yang telah terjadi dalam dirinya. Ketiga pada dasarnya internalisasi ini merupakan hasil dari pengalaman yang kemudian digabungkan dengan apa yang mereka ketahui tentang demonstrasi secara umum. Hal ini kemudian diproyeksikan menjadi pengetahuan mahasiswa dalam melihat demonstrasi yang terjadi .
Kata Kunci : Konstruksi, Demonstrasi, Mahasiswa.
The purpose of this study is to explain in actuality and factual about student construction related to demonstration as a channel for submission of political aspirations. This study uses the theory of social construction according to Berger and Luckman (1990) in Manuaba (2008) regarding social reality as seen through the phase of externalization, objectivation, internalization. The subject of this study is the Faculty of Social Sciences and Law University of Surabaya. The study used a qualitative approach with a case study design referring to Yin opinion (2011). Data collection techniques in the form of deep interviews. The data obtained is analyzed based on the opinions of Miles and Huberman with four stages including data collection, data reduction, data presentation, and withdrawal of impulsants. The results showed first, that the knowledge of students formed about the demonstration began from secondary socialization derived from the environment of residence as well as the environment in which they run activities which from this acquired the experience of the individual experience. At this stage FISH students will have constructions about different demonstrations influenced from existing locations. These two objectivity pertain to what they experienced or the personal experience stages of the individual in interpreting a reality. In the reality of FISH students who choose demonstrations have experience related demonstrations that occur. Experience is not interpreted as what they are experiencing. But what they see or feel with the five senses they have then affects their constructions in interpreting or describing the demonstrations that have occurred within him. All three of these internalization are essentially the result of an experience that is then combined with what they know about demonstrations in general. It is then projected to be a knowledge student in seeing demonstrations that occur.
Keywords : Construction, Demonstration, Student.