Representasi matematis merupakan ungkapan ide-ide dalam menyelesaikan suatu masalah matematika. Siswa dapat memahami dan menyelesaikan suatu masalah matematika dengan bantuan representasi matematis. Dengan representasi matematis, siswa dapat mewakili suatu masalah dalam beberapa cara. Antara siswa laki-laki dan siswa perempuan memiliki kemampuan yang berbeda dalam menyelesaikan masalah matematika. Hal ini memungkinkan pula ada perbedaan penggunaan representasi matematis dari siswa yang berbeda jenis kelamin. Masalah matematika yang digunakan dalam penelitian ini adalah masalah segiempat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi matematis siswa SMP berjenis kelamin laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan masalah segiempat. Representasi matematis yang diperhatikan dalam penelitian ini berupa bentuk visual-spasial, formal-notasional, dan verbal.
Penelitian ini digolongkan dalam penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kediri tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari enam siswa terpilih. Enam siswa terpilih terdiri dari tiga siswa laki-laki dan tiga siswa perempuan yang selanjutnya diberi tes pemecahan masalah dan wawancara. Peneliti melakukan wawancara untuk mendapatkan informasi yang belum didapatkan dari tes tertulis mengenai representasi matematis yang ditunjukkan siswa selama menyelesaikan masalah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa laki-laki menggunakan representasi visual-spasial dalam bentuk gambar untuk mewakili suatu objek yang ada pada tes pemecahan masalah. Selain itu, mereka menggunakan representasi visual-spasial dan representasi formal-notasional untuk mengungkapkan informasi dari suatu masalah. Selama proses penyelesaian masalah, siswa laki-laki dominan menggunakan representasi formal-notasional. Mereka juga dapat menjelaskan secara verbal setiap langkah penyelesaian dengan rinci dan terurut. Siswa perempuan dominan menggunakan representasi formal-notasional untuk menuliskan informasi dan menyelesaikan suatu masalah. Untuk mewakili suatu objek dalam tes pemecahan masalah, mereka menggunakan representasi visual-spasial. Setiap tahap untuk mendapatkan solusi masalah juga dapat mereka sebutkan dengan detail dan jelas. Artinya siswa perempuan menggunakan representasi verbal untuk menyelesaikan masalah.
Kata Kunci : Representasi matematis, masalah segiempat, jenis kelamin, representasi visual-spasial, representasi formal-notasional, dan representasi verbal.
Mathematical representation is an expression of ideas in solving a mathematical problem. Students can understand and solve a mathematical problem with the help of mathematical representation. With mathematical representation, students can represent a problem in several ways. Between male and female students have different abilities in solving mathematical problems. This also allows for differences in the use of mathematical representations of students of different gender. The mathematical problem used in this study is quadrilateral. This study aims to describe the mathematical representation of junior high school students male and female in solving quadrilateral problems. The mathematical representation that is considered in this research is in the form of visual-spatial, formal-notational, and verbal forms.
This research is classified in descriptive qualitative research. Data collection techniques used are written tests and interviews. This research was conducted on class VIII-A SMP Negeri 1 Kediri 2018/2019 academic year consisting of six selected students. Six selected students consisted of three male students and three female students who were subsequently given problem solving tests and interviews. The researcher conducted an interview to obtain information that had not been obtained from a written test regarding mathematical representations shown by students during solving problems.
The results of this study indicate that male students use visual-spatial representations in the form of images to represent an object that is in the problem solving test. In addition, they use visual-spatial representations and formal-notational representations to reveal information about a problem. During the problem solving process, dominant male students use formal-notational representation. They can also verbally explain each step of the settlement in a detailed and ordered manner. Dominant female students use formal-notational representation to write information and solve a problem. To represent an object in a problem solving test, they use visual-spatial representations. Each stage to get a solution to the problem they can also mention in detail and clearly. This means that female students use verbal representation to solve problems.
Keywords : Mathematical representation, quadrilateral problems, gender, visual-spatial representation, formal-notational representation, and verbal representation.