Kata Kunci: Pengembangan dan Media Monopoli Eksposisi (Monoeksis)
Berdasar hasil pengamatan yang dilakukan pada kelas X OTKP 2, telah ditemukan kendala-kendala dalam pembelajaran teks eksposisi. Adapun salah satu cara yang mampu mengatasi kendala peserta didik kelas X OTKP 2 di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto dalam pembelajaran teks eksposisi ialah penggunaan media monopoli eksposisi (monoeksis). Media monopoli eksposisi (monoeksis) adalah media pembelajaran yang dicetak berbentuk papan. Media monopoli eksposisi (monoeksis) didesain dan dikemas secara menarik sehingga peserta didik lebih antusias dalam pembelajaran. Selain itu berisi materi pembelajaran teks eksposisi yang dikemas menarik pada kartu dana umum sehingga peserta didik lebih mudah memahami materi teks eksposisi.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan dan kualitas media pembelajaran dari sisi kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Adapun dua rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini ialah bagaimana proses pengembangan media monopoli eksposisi (monoeksis) dalam pembelajaran teks eksposisi pada peserta didik kelas X OTKP 2 dan bagaimana kualitas media monopoli eksposisi (monoeksis) dalam pembelajaran teks eksposisi dari sisi kevalidan media monopoli eksposisi (monoeksis), keefektifan media monopoli eksposisi (monoeksis) dalam pembelajaran teks eksposisi, kepraktisan media monopoli eksposisi (monoeksis) dalam pembelajaran teks eksposisi pada peserta didik kelas X OTKP 2 di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Pada penelitian ini peneliti menggunakan model pengembangan menurut Sadiman.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan kualitas pengembangan media monopoli eksposisi (monoeksis) dalam pembelajaran teks eksposisi pada peserta didik kelas X OTKP 2 di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Kualitas media monopoli eksposisi (monoeksis) disesuaikan dengan aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Berdasar hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai 85% sehingga dapat dikategorikan sebagai media yang valid. Keefektifan media monopoli eksposisi berdasar pada aktivitas pendidik dan aktivitas peserta didik, dan ketuntasan tes hasil belajar peserta didik mencapai 98,75%. Kepraktisan media monopoli mencapai 93,6% sehingga dapat dikatakan bahwa media monopoli eksposisi (monoeksis) dalam pembelajaran teks eksposisi kelas X OTKP 2 dapat dikategorikan media yang “memenuhi”.
Keywords: Development and Media Exposition Monopoly (Monoexis)
Based on observations made in class X OTKP 2, obstacles have been found in exposition text learning. As for one method that is able to overcome the obstacle of the X-class OTKP 2 students at Sooko Mojokerto 1 State Vocational School in exposition text learning is the use of monopoly exposition (monoexis) media. Media monopoly exposition (monoeksis) is a learning media printed in the form of a board. Media monopoly exposition (monoexis) is designed and packaged attractively so that students are more enthusiastic in learning. In addition, it has interesting exposition text learning material on general funding cards so that students are more easily understanding the material of exposition text.
The purpose of this study is to describe the development process and the quality of learning media in terms of validity, effectiveness, and practicality. The two problem statements used in this study are how the process of developing monopoly exposition (monoexis) media in exposition text learning on class X OTKP 2 students and how the quality of media monopoly exposition (monoexis) in exposition text learning about validity media exposition monopoly ( monoeksis), the effectiveness of the monopoly exposition (monoexis) media in exposition text learning, the practicality of the monopoly exposition (monoexis) media in exposition text learning on OTKP 2 class X students at Sooko Mojokerto 1 State Vocational School. In this study researchers used a development model according to Sadiman.
The results obtained showed the quality of the development of monopoly exposition (monoexis) media in exposition text learning in X-class OTKP 2 students at Sooko Mojokerto 1 State Vocational School. The quality of monopoly exposition (monoexis) media is adjusted to aspects of validity, effectiveness, and practicality. Based on the results of the research that has been done, obtained a value of 85% so that it can be categorized as a valid media. The effectiveness of monopoly exposition media is based on the activities of educators and student activities, and the completeness of tests on student learning outcomes reaches 98.75%. %. The practicality of monopoly media reaches 93.6% so that it can be said that the media of monopoly exposition (monoexis) in learning text exposition class X OTKP 2 can be categorized as media that "fulfills”.