ECOPRINT LEARNING IN CREATIVE PRODUCTS AND ENTREPRENEURSHIP LESSONS AT SMKN 1 SINGGAHAN TUBAN
Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan tentang pembelajaran ecoprint khususnya mata pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Singgahan Tuban. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini yaitu pada bagaimana pembelajaran ecoprint di SMKN 1 Singgahan. Pengumpulan data pada penelitian ini berupa kata-kata deskriptif dan tindakan yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran ecoprintpada siswa siswi di SMKN 1 Singgahan menggunakan metode pembelajaran ceramah, demonstrasi dan eksperimen, dan pemberian tugas dengan menggunakan media realita dan telah di sesuaikan oleh KI dan KD mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan yang telah ditetapkan. Proses pembelajaran ini dilakukan dengan cara teori dan praktek secara langsung di sekolah, peralatan yang dibutuhkan untuk membuat ecoprintjuga terbilang sangat sederhana dan cara pembuatan yang relatif mudah menjadikan siswa semangat untuk mewujudkan ide ide desain motif mereka pada lembaran kain tersebut. Pengetahuan tentang ecoprint menambah wawasan dan kreatifitas siswa siswi SMKN 1 Singgahan tentang ilmu tata busana. Semenjak adanya pembelajaran tentang ecoprint dan siswa siswi dapat mewujudkannya pada suatu kain yang indah, SMKN 1 Singgahan Tuban berhasil mendapatkan image yang bagus dari masyarakat sekitar
Kata Kunci: pembelajaran ecoprint, Produk Kreatif Dan Kewirausahaan
ABSTRACT This study aims to describe ecoprintlearning, especially in Creative Products andEntrepreneurship subjects at SMK Negeri 1 Singgahan Tuban. This research uses descriptive qualitativeresearch. The object of this research is how to learnecoprintat SMKN 1 Singgahan. Data collection in thisresearch is in the form of descriptive words and actionsobtained from observations, interviews, anddocumentation. The results of this study indicate thatecoprint learning for students at SMKN 1 Singgahan useslecture, demonstration and experiment learningmethods, and assignments using reality media and has been adjusted by KI and KD in the assigned creative andentrepreneurial product subjects. This learning process iscarried out by means of theory and practice directly atschool, the equipment needed to make an ecoprint is alsofairly simple and there latively easy way of making itmakes students enthusiastic about realizing their motif designed eason the sheet of cloth. Knowledge aboutecoprint adds insight and creativity to the students of SMKN 1 Singgahan about the science of fashion. Since learning about ecoprint and students can make it happenon a beautiful cloth, SMKN 1 Singgahan Tuban has succeeded in getting agoodimage from the surroundingcommunity.
Keywords: ecoprint learning, creative produk andentrepreunership