Evaluasi Usability Aplikasi BTN Mobile dengan Metode User Experience Questionnaire dan Heuristic Evaluation
Evaluation of BTN Mobile Application Usability with User Experience Questionnaire and Heuristic Evaluation Methods
BTN Mobile merupakan fasilitas layanan mobile banking pada Bank Tabungan Negara (BTN). Aplikasi BTN Mobile telah banyak digunakan dan diunduh lebih dari satu juta pengguna. Namun, rating atau penilaian yang diberikan pengguna untuk aplikasi ini tidak cukup baik. Berdasarkan tanggapan pengguna aplikasi BTN Mobile memiliki masalah usability dimana terdapat tampilan aplikasi yang membingungkan penggunanya. Masalah tersebut akan berdampak pada kepuasan pengguna yang buruk dan membuat Aplikasi BTN Mobile mendapatkan rating aplikasi yang kurang memuaskan. Pengalaman pengguna dan tampilan pengguna merupakan salah satu komponen penting pada suatu aplikasi. Oleh karena itu, aplikasi BTN Mobile memerlukan evaluasi untuk mengukur kualitas aplikasi tersebut. Metode evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode User Experience Questionnaire (UEQ) untuk mengetahui level user experience aplikasi BTN Mobile dan Heuristic Evaluation (HE) untuk menemukan masalah kegunaan dalam user interface dengan prinsip usability yang lebih detail. Pada pengujian UEQ ditemukan bahwa level user experience aplikasi BTN Mobile pada sebagian besar skala memiliki nilai yang kurang baik dimana pada skala Kebaruan berada pada kategori buruk dengan nilai 0.18, Untuk skala Daya tarik memiliki nilai 1.13, Efisiensi memiliki nilai 1.05, dan Ketepatan memiliki nilai 1.05 berada pada kategori di bawah rata-rata. Dan pengukuran dengan metode Heuristic Evaluation (HE) didapatkan 19 temuan masalah dari seluruh evaluator. Setelah menemukan permasalahannya dilanjutkan dengan merancang desain perbaikan berdasarkan rekomendasi dan saran evaluator. Hasil pengujian desain perbaikan menunjukkan bahwa rekomendasi desain ini mendapatkan penilaian yang lebih baik dibandingkan dengan desain saat ini. Dengan nilai rata-rata diatas 1.8 pada setiap skalanya dan masuk kedalam kategori sangat baik.
BTN Mobile is a mobile banking service facility from Bank Tabungan Negara(BTN). BTN Mobile app has been widely used and downloaded by more than one million users. However, the ratings that users give for this application are not good enough. Based on the responses of BTN Mobile application user has usability problems where there is an application display that confuses users. This problem will have an impact on poor user satisfaction and make the BTN Mobile Application get an unsatisfactory application rating. User experience and user interface are one of the important components of an application. Therefore, the BTN Mobile application requires an evaluation to measure the quality of the application. The evaluation method used in this research is the User Experience Questionnaire (UEQ) method to determine the user experience level of BTN Mobile application and Heuristic Evaluation (HE) to find usability problems in the user interface with a more detailed usability principle. In the UEQ testing, it was found that the user experience level of BTN Mobile applications on most scales had poor scores, where on the Novelty scale was in the bad category with a score of 0.18, the Attractiveness scale with a value of 1.13, efficiency with a value of 1.05, and Accuracy with a value of 1.05 was in the category below the average. While measurements with the Heuristic Evaluation (HE) method obtained 19 problem findings from all evaluators. After finding the problem, continue by designing an improvement design based on the recommendations and advice of the evaluator. The results of the improvement design test show these design recommendations get a better assessment compared to the current design. With an average score above 1.8 on each scale and into the very good category.