ANALISIS RETORIKA VISUAL IKLAN MARJAN SERI "BARUNA SANG PENJAGA SAMUDRA" EPISODE 1
VISUAL RHETORIC ANALYSIS OF MARJAN ADVERTISING SERIES "BARUNA THE GUARDIAN OF THE OCEAN" EPISODE 1
Sudut pandang retorika visual dapat menjabarkan makna konotasi yang muncul di suatu karya dan merepresentasikan makna persuasif pada karya visual. Iklan Marjan seri “Baruna Sang Penjaga Samudra” Episode 1 menyajikan tayangan karya visual dengan alur cerita yang unik sehingga menarik untuk diulas dalam perspektif retorika visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan dan menjabarkan makna konotasi atau visual retorika yang muncul pada karya visual dan menemukan makna persuasive pada karya. Metode penelitian ini ialah kualitatif deskriptif dengan menerapkan teori retorika visual Sonja K. Foss yakni akan dikaji dengan tiga tahap, yang pertama yakni tahap Nature Of Image yang berupa Presented Elements dan Suggested Element karya visual, tahap Function Of Image, dan Evaluasi Of Image. Iklan Marjan ini menyampaikan legenda masyarakat, isu lingkungan, dan memberikan tampilan visual dengan teknologi CGI (ComputerGenerated Imagery) yang merupakan pencitraan 3D digital yang dapat memberikan efek lebih nyata pada sebuah adegan film. Iklan Marjan memberikan edukasi pencegahan pencemaran lingkungan dengan cara menampilkan visualisasi dampak besar dari pencemaran lingkungan yang disampaikan dalam bentuk visual cerita legenda masyarakat. Kata kunci: Retorika, retorika visual, iklan, iklan Marjan 2023.
A visual rhetoric perspective can explain the connotative meaning that appears in a work and represent the persuasive meaning of a visual work. Marjan's advertisement for the seri "Baruna the Guardian of the Ocean" Episode 1 presents a visual work with a unique storyline that makes it interesting to review from a visual rhetoric perspective. The aim of this research is to find and explain the meaning of visual connotation or rhetoric that appears in visual works and to find persuasive meaning in the work. This research method is descriptive qualitative by applying Sonja K. Foss's theory of visual rhetoric, which will be studied in three stages, the first namely the Nature of Image stage in the form of Presented Elements and Suggested Elements of visual works, the Function Of Image stage, and Evaluation Of Image. This Marjan advertisement conveys social legends, environmental issues, and provides a visual appearance using CGI (Computer-Generated Imagery) technology, which is digital 3D imaging that can provide a more realistic effect in a film scene. Marjan's advertisement provides education on preventing environmental pollution by displaying visualizations of the major impacts of environmental pollution which are conveyed in the form of visual community legends. Keywords: Rhetoric, visual rhetoric, advertising, Marjan 2023 advertising.