Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis data tentang pelaksanaan UAS berbasis komputer, faktor pendukung dalam UAS berbasis komputer, dan kendala yang terjadi dalam UAS berbasis komputer di SMKN 1 Cerme Gresik. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan melalui uji kredibilitas data yang meliputi triangulasi dan membercheck; uji transferabilitas dilakukan dengan cara menyajikan data hasil penelitian secara rinci, jelas, sistematis, dan dapat dipercaya sehingga mudah untuk dipahami oleh pembaca; uji dependabilitas dilakukan dengan cara dosen pembimbing mengaudit secara keseluruhan aktivitas peneliti; serta uji konfirmabilitas. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, kondensasi data, menyajikan data, serta verifikasi dan penegasan kesimpulan.
Hasil penelitian terkait implementasi UAS berbasis komputer di SMKN 1 Cerme Gresik menunjukkan bahwa, pelaksanaan UAS berbasis komputer di SMKN 1 Cerme Gresik merupakan kegiatan rutin tiap akhir semester mulai bulan desember 2014. Sistem UAS berbasis komputer merupakan sistem ujian yang menggunakan perangkat komputer sebagai media utamanya dan sudah disetting serta saling terhubung satu sama lain. Faktor pendukung dalam UAS berbasis komputer di SMKN 1 Cerme Gresik antara lain, model UAS berbasis komputer, fasilitas UAS berbasis komputer, aplikasi UAS berbasis komputer, dan proses konfigurasi program. Model UAS berbasis komputer di SMKN 1 Cerme Gresik menggunakan sistem bergelombang yaitu 3 gelombang dalam satu hari, serta menggunakan soal pilihan ganda yang diacak secara otomatis oleh oleh sistem. Fasilitas yang digunakan dalam UAS berbasis komputer yaitu komputer atau laptop untuk server dan client, hardisk sebagai media penyimpanan, headset untuk soal listening, dan mouse. Kendala yang dihadapi dalam UAS berbasis komputer di SMKN 1 Cerme Gresik diantaranya adalah jaringan yang terputus, listrik padam, hingga error pada aplikasi seperti soal bergambar yang tidak muncul atau skrip matamatika yang tidak keluar. Pengembangan yang akan dilakukan oleh pihak sekolah untuk mengatasi kendala tersebut adalah menggabungkan mata pelajaran sejenis dalam satu waktu, menempatkan server pada masing-masing ruang, menambah variasi soal dan ruangan.
Kata Kunci : Implementasi, Ujian Akhir Semester Berbasis Komputer
This study aims to describe and analyze data about the implementation of computer-based UAS, supporting factors in computer-based UAS, and constraints that occur in computer-based UAS in State 1 Vocational High School Cerme Gresik This research uses a qualitative approach with a case study research design. Data collection is done by using interview, observation, and documentation study techniques. The validity test of the data is done through data credibility test which includes triangulation and member check; transferability test is carried out by presenting research data in a detailed, clear, systematic, and reliable manner so that it is easy to be understood by the reader; dependability test is done by means of the supervisor lecturing the overall activities of the researcher; and confirmability test. Data analysis techniques are done by collecting data, condensing data, presenting data, and verifying and affirming conclusions.
The results of the research related to the implementation of computer-based UAS at State 1 Vocational High School Cerme Gresik showed that the implementation of computer-based UAS at State 1 Vocational High School Cerme Gresik was a routine activity at the end of each semester starting in December 2014. Computer-based UAS system is a test system that uses computer devices as its main media and already set and connected to each other. Supporting factors in computer-based UAS at State 1 Vocational High School Cerme Gresik include computer-based UAS models, computer-based UAS facilities, computer-based UAS applications, and program configuration processes. Computer-based UAS model at State 1 Vocational High School Cerme Gresik uses a corrugated system that is 3 waves in one day, and uses multiple choice questions which are randomized automatically by the system. Facilities used in computer-based UAS are computers or laptops for servers and clients, hard drives as storage media, headsets for listening, and mouse. Constraints faced in computer-based UAS at State 1 Vocational High School Cerme Gresik include interrupted networks, power outages, and errors in applications such as pictorial questions that do not appear or mathematical scripts that do not come out. The development that will be carried out by the school to overcome these obstacles is to combine similar subjects at one time, place the server in each room, add variety of questions and rooms.
Keywords : Implementation, Computer-Based Semester Final Exam