ABSTRAK
Shofiyah,
Mufidatus 2019. Profil Kompetensi Sosial Guru-Guru di Lingkungan Yayasan Taman
Pendidikan dan Sosial Nahdlatul Ulama Khadijah dan Pengaruhnya Terhadap
Kepekaan Sosial Siswa SD Khadijah Surabaya. Tesis, Program Pendidikan Dasar,
Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya., Pembimbing (I) Prof. Dr. Warsono, M .S, (II) Prof. Dr. H. Aminuddin Kasdi , M.S.
Tujuan
penelitian ini antara lain; (1) untuk mendiskripsikan tentang
profil kompetensi sosial guru-guru SD di lingkungan Yayasan Taman Pendidikan
dan Sosial Nahdlatul Ulama (YTPS-NU) Khadijah Surabaya, (2) mendiskripsikan tentang
kepekaan sosial siswa SD di lingkungan YTPS-NU Khadijah Surabaya dan (3) mendiskripsikan
tentang pengaruh kompetensi sosial
guru-guru terhadap kepekaan sosial siswa SD di lingkungan Yayasan Khadijah.
Metode dalam
penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, Jenis penelitian ini adalah
non-eksperimen. Sedangkan desain dalam penelitian ini ada dua variabel, yakni
variabel bebas (x) dan variabel terikat (y). Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh guru dan siswa kelas III, IV dan V di tiga sekolah YTPS-NU
Khadijah Surabaya. Teknik penarikan sampel penelitian dilakukan secara area
probability random sampling . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan angket. Sebelum angket digunakan, dilakukan uji validitas dan uji
reliabilitas, yang mana uji validitas dilakukan oleh tim ahli dan untuk
mengukur tingkat kevalidan suatu instrument menggunakan rumus product moment. Sedangkan
untuk mengetahui keajekan alat pengumpul data
penelitian, maka dilakukan uji reliabilitas dengan metode Alpha Cronbach. An alisis dalam
penelitian ini menggunakan analisis inferensial, yang meliputi uji normalitas,
uji homogenitas, dan analisis variance .
Hasil penelitian
ini mendiskripsikan; (1) Ada perbedaan tingkat kompetensi sosial guru-guru di
YPTS-NU Khadijah Surabaya, berdasarkan rata-rata urutan tertinggi adalah SD
Khadijah yaitu 89,35, kedua adalah SD Khadijah 3 dengan rata-rata 85,95 dan
ketiga adalah SD Khadijah Pandegiling dengan rata-rata 81,75, (2) Ada perbedaan
tingkat kepekaan sosial siswa di sekolah-sekolah YTPS-NU Khadijah, rata-rata tertinggi yakni di SD Khadijah
dengan rata-rata 82,46, kedua adalah SD Khadijah 3 dengan rata-rata 81,72 dan
ketiga adalah SD Khadijah Pandegiling dengan rata-r ata 81,52, (3) Ada
perbedaan tingkat kepekaan sosial siswa kelas III, IV, dan V di tiga
sekolah-sekolah YTPS-NU Khadijah,
rata-rata kepekaan sosial siswa
kelas III adalah 79,18, rata-rata
kepekaan sosial siswa kelas IV adalah 82,19 dan rata-rata kepekaan sosial siswa
kelas V adalah 84,33 dan (4) Terdapat pengaruh positif kompetensi sosial guru terhadap kepekaan sosial
siswa , artinya semakin tinggi kompetensi sosial guru di suatu
sekolah, maka semakin tinggi pula kepekaan sosial siswa, dan semakin tinggi
level kelas, maka semakin tinggi tingkat kepekaan sosial siswa.
Kata Kunci : kompetensi
sosial guru, kepekaan sosial siswa, Guru SD YTPS-NU Khadijah Surabaya