Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti ditemukan suatu permasalahan yaitu terbatasnya fasilitas pembelajaran di sekolah dalam hal media pembelajaran yang akhirnya secara tidak langsung berdampak pada siswa khususnya pada pembelajaran yang membutuhkan alat bantu atau media dalam penjelasan materinya Terbukti dari hasil wawancara yang dilakukan dengan guru mata pelajaran Pemrograman Dasar terkait hasil belajar siswa pada materi menerapkan penggunaan fungsi dari tahun tahun sebelumnya yang sebagaian besar belum memenuhi ketuntasan minimal belajar Padahal dalam kegiatan pembelajaran tersebut guru telah mengoptimalkan sumber daya yang ada yaitu dengan memanfaatkan media powerpoint Melihat kondisi tersebut peneliti berasumsi bahwa diperlukan media pembelajaran yang mampu mengatasi masalah belajar siswa sehingga akhirnya peneliti mengembangkan media video tutorial pembelajaran dengan rumusan masalah yaitu bagaimana kelayakan media video tutorial materi menerapkan penggunaan fungsi pada mata pelajaran Pemrograman Dasar untuk kelas X TKJ SMKN 7 Surabayadan serta bagaimana efektifitas penggunaan media video tutorial materi menerapkan penggunaan fungsi pada mata pelajaran Pemrograman Dasar untuk kelas X TKJ SMKN 7 Surabaya Adapun tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah mengetahui kelayakan media video tutorial materi Menerapkan Penggunaan fungsi dan mengetahui efektifitas penggunaan media video tutorial materi menerapkan penggunaan fungsi Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan R and D Research and Development Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui kelayakan media adalah instrumen wawancara tertutup dan angket yang kemudian hasilnya dianalisis dengan menggunakan rumus prosentase Sedangkan untuk mengetahui keefektifan media digunakan instrumen tes dengan ujit sebagai teknik analisis datanya Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMKN 7 Surabaya dengan kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol Adapun hasil dari penelitian adalah berdasarkan validasi dengan ahli media dan ahli materi serta uji coba dengan siswa diperoleh hasil dengan kategori sangat baik, sehingga media dapat dinyatakan layak digunakan 2 berdasarkan uji lapangan diperoleh thitung 15 ttabel 2 artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dengan kelas eksperime, sehingga media dapat dinyatakan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran
Based on preliminary studies conducted by researchers found a problem that is the limited learning facilities in schools in terms of learning media which ultimately indirectly impact on students especially in learning that requires tools or media in the explanation of the material Proven from the results of interviews conducted with teachers of Programming subjects Basics related to student learning outcomes on the material to apply the use of functions from the previous years most of which have not met the minimum completeness of learning In the learning activities teachers have optimized the available resources namely by utilizing powerpoint media overcome the problem of student learning so that eventually researchers develop learning tutorial video media with the formulation of the problem that is how the feasibility of video tutorial media material to apply the use of function in Basic Programming subjects for class X TKJ 7 Surabaya and Surabaya and how effective the use of video tutorial media material applies the use of functions in Basic Programming subjects for class X TKJ 7 SMKN Surabaya The purpose of this research is to find out the feasibility of video tutorial media material Applying Use function and know the effectiveness of using media video tutorial material applying the use of function This research is a development research that uses the R and D development model of Research and Development The data collection instruments used to determine the feasibility of the media are closed interview instruments and questionnaires which then the results are analyzed using the formula percentage While to determine the effectiveness of the media used test instruments with the test as a data analysis technique The subjects of this study were students of class X TKJ SMKN 7 Surabaya with class X TKJ 1 as a gai experimental class and class X TKJ 2 as a control class The results of the study are based on validation with media experts and material experts as well as trials with students the results are obtained with very good categories so that the media can be declared fit for use 2 based on the field test obtained thitung 15 ttable 2 means that there are significant differences between the learning outcomes of the control class and the experimental class so that the media can be declared effective for use in learning