Rosalina, Noerma. 2019. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Self Esteem, Dan Motivasi Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik SMP. Tesis, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. pembimbing: (I) Dr. Najlatun Naqiyah, S.Ag., M.Pd., dan (II) Dr. H. Tamsil Muis, M.Pd.
Kata-kata Kunci: Pola asuh orang tua, self esteem, motivasi, dan kemandirian belajar peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara teoritik dan empiris apakah ada pengaruh pola asuh orang tua, self esteem, dan motivasi terhadap kemandirian belajar peserta didik SMP Ada 3 variabel bebas dan 1 variabel terikat dalam penelitian ini, yaitu: (1) Pola Asuh Orang Tua, (2) Self Esteem, (3) Motivasi, dan (4) Kemandirian Belajar Peserta Didik diukur dengan menggunakan metode skala likert yang dimodifikasi dan dengan menggunakan skala pola asuh orang tua, self esteem, motivasi, dan kemandirian belajar peserta didik.
Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini peserta didik yang bersekolah di SMP Negeri Surabaya. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik multistage atau double random sampling, penelitian ini menggunakan instrument penelitian berupa kuesioner, ada 4 kuesioner untuk mengukur tingkat pola asuh orang tua, self esteem, motivasi serta kemandirian belajar peserta didik SMP.
Data penelitian ini berfokus pada 4 variabel dengan menggunakan teknik analisis data regresi linear berganda. Teknik analisis regresi linear berganda ini menggunakan dasar pengambilan keputusan apabila uji F dan uji t. Hasil yang didapat adalah: (1) Ada pengaruh pola asuh orang tua, self esteem, dan motivasi terhadap kemandirian belajar baik secara parsial maupun simultan, (2) Dari ketiga variabel bebas (pola asuh orangtua, self esteem, dan motivasi), variabel motivasi yang paling berpengaruh terhadap kemandirian belajar peserta didik. Adapun rekomendasi yang dapat penulis berikan dalam penelitian ini khususnya guru bimbingan dan konseling, agar meningkatkan kemandirian peserta didik SMP maka dibutuhkan pola asuh demokratis, self esteem dan motivasi yang tinggi.
Rosalina, Noerma. 2019. Effects of Parenting, Self Esteem, and Motivation on Learning Independence of Students in Junior High School. Thesis, Guidance and Counseling Study Program, Postgraduate Program in Universitas Negeri Surabaya, Supervisor: (I) Dr. Najlatun Naqiyah, S.Ag., M.Pd., dan (II) Dr. H. Tamsil Muis, M.Pd.
Keywords: Parenting, self esteem, motivation, and learning independence of students.
This study aims to test teoritic and empiric whether there in an influence of parenting, self esteem, and motivation on learning independence of students in junior high school. There are 3 independent variables and 1 dependent variable in this study, namely: (1) Parenting, (2) Self Esteem, (3) Motivation, and (4) Learning Independence of Student is measure using a modified Likert scale and use the scale of parenting, self esteem, motivation, and learning independence of student.
This study uses a type of quantitative research. The population in this study were students who attended in jnior high school. Sampling is done by multistage or double random sampling tehniques, this study uses a research instrument in the form of a questionnaire, there are 4(four) questionnaire to measure the level of parenting, self esteem, motivation and learning independence of junior high school students.
This research data focuses on 4 (four) variables using multiple liniear regression data analysis. The multiple linear regression analysis uses the basis of decision making if the F test and t test. The results obtained are: (1) There are influences of parenting, self esteem, and motivation on learning independence both partially and simultaneously, (2) Of the three independent variables (parenting, self esteem, and motivation), motivation variables is the most influential on learning independence of student. The recommendations that can be given by the author and counseling teachers, in order to increase the independence of junior high school, democratic parenting, self esteem and high motivation are needed.