Messakh, Linda Caroline. 2019. Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Dan Evaluasi Untuk Pengambilan Keputusan Di Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Tesis, Program Studi S2 Manajemen Pendidikan, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Ulil Hartono, SE.M.Si., (2) Prof. Dr. Mv. Roesminingsih, M.Pd.
Kata-Kata Kunci: Monitoring dan evaluasi, pembelajaran, penjaminan mutu pendidikan, pengambilan keputusan, sistem informasi manajemen pendidikan
Pengambilan keputusan merupakan bagian dari pengembangan dalam penjaminan mutu pendidikan tinggi. Hal itu dapat diperoleh dari hasil proses Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain pengembangan, kelayakan, kepraktisan dan keefektifan dari sistem informasi monitoring dan evaluasi pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan menggunakan desain penelitian Waterfall. Metode ini dipakai untuk menghasilkan sebuah produk serta menguji keefektifan dari produk tersebut. Subyek penelitian ini adalah pegawai administrasi GPM, para pemonev yang terdiri dari anggota GPM dan UPM serta ketua prodi di Pascasarjana Unesa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan pengisian angket. Teknik analisa data menggunakan perhitungan dalam validasi ahli dan uji coba pengguna.
Hasil penelitian ini adalah (1) sistem informasi monev yang mencakup pemilihan mata kuliah, penjadwalan, pelaksanaan monev, rekapitulasi hasil hingga pelaksanaan tindak lanjut temuan, (2) kelayakan sistem dengan nilai 97,8 dan 75 dan buku panduan dengan nilai kelayakan 96,4 dan 75 artinya sudah baik namun memerlukan perbaikan, (3) kepraktisan dengan nilai rata-rata 90 artinya memenuhi standar kepraktisan, (4) keefektifan dengan nilai rata-rata 100 artinya memenuhi standar keefektifan. Untuk pengembangan selanjutnya diharapkan adanya keseragaman instrumen monev, fitur pemberitahuan untuk dosen yang akan dimonev serta kerjasama dengan PPTI Unesa.
Keywords: Monitoring and evaluation, learning process, educational quality assurance, decision making, educational management information system
Decision making process is a part of improvement on higher education quality assurance. It can be gained from the result of Monitoring and Evaluation in Learning and Curriculum. This research was conducted to know the development design, validity, practicality, effectiveness of learning monitoring and evaluation information system.
This research was using research and development method with waterfall design. This method was used to develop a product and test its effectiveness. Subjects of this research were administration staff of Quality Assurance Group, auditors consist of Quality Assurance Group and Units members and also head of study program in Postgraduates of Unesa. This research was using interview, observation and questioner collection data technique. Analyzing data technique that was used in this research was expert validation and user trial.
Result of this research was (1) monitoring and evaluation information system that covers subjects election, scheduling, monitoring and evaluation implementation, recaps until results follow up, (2) validity of system score 97,8 and 75 validity of guidance book 96,4 and 75 which means system working good with some fix, (3) practicality score 90 which means system fulfilled the standard, (4) effectiveness score 100 which means system fulfilled the standard. For the next development there were some recommendations to create uniformity of instrument, notification for lecturer, and cooperation with information technology center of Unesa.