IMPROVING STUDENTS' DESCRIPTIVE WRITING SKILLS THROUGH COLLABORATIVE WRITING USING CANVA APPLICATION
Mengembangkan keterampilan menulis deskriptif membekali siswa dengan kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif, meningkatkan pengamatan dan kemampuan berpikir kritis mereka, mendorong ekspresi kreatif, dan menumbuhkan empati dan pengambilan perspektif. Keterampilan ini sangat berharga tidak hanya dalam lingkungan akademis tetapi juga dalam berbagai konteks pribadi dan profesional, yang memungkinkan siswa untuk secara efektif melibatkan audiens mereka dan mengekspresikan diri mereka dengan jelas dan berdampak. Oleh karena itu, siswa membutuhkan pembelajaran kolaboratif dan media pembelajaran yang tepat untuk mengembangkan tulisan deskriptif mereka dengan sempurna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode menulis kolaboratif dengan menggunakan aplikasi Canva dapat meningkatkan kemampuan siswa EFL dalam menulis deskriptif. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest and posttest yang melibatkan 32 siswa di salah satu sekolah menengah pertama di Gresik. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest dalam bentuk esai. Hasil uji-t sampel berpasangan menunjukkan nilai signifikan sebesar .000 lebih kecil dari .05, yang dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pretest dan posttest siswa. Kesimpulan yang diperoleh bahwa metode collaborative writing dengan menggunakan aplikasi Canva dapat meningkatkan kemampuan menulis deskriptif siswa. Para guru dapat memanfaatkan jenis penelitian ini untuk menginstruksikan mata pelajaran yang berkaitan secara efektif kepada siswa mereka. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi sumber inspirasi bagi para peneliti lain, mendorong mereka untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam.
Developing descriptive writing skills equips students with the ability to communicate effectively, enhances their observation and critical thinking abilities, encourages creative expression, and fosters empathy and perspective-taking. These skills are valuable not only in academic settings but also in various personal and professional contexts, allowing students to effectively engage their audience and express themselves with clarity and impact. Thus, students need collaborative learning and appropriate instructional media to develop their descriptive writing perfectly. This study aims to determine whether the collaborative writing method using the Canva application can improve EFL students' abilities in descriptive writing. This study used one group pretest and posttest design involving 32 students at one of the junior high schools in Gresik. The data was collected through pretest and posttest in the form of essays. The results of the paired sample t-test showed a significant value of .000 less than .05, which can be interpreted that there is a significant difference in the students' pretest and posttest. The conclusion obtained that the collaborative writing method using the Canva application can improve students' descriptive writing skills. Teachers can utilize this type of research to effectively instruct pertinent subjects to their students. Additionally, it serves as a source of inspiration for other scholars, encouraging them to delve into more profound investigations.