Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini 2-4 Tahun pada Keluarga dengan Pola Asuh Permisif di Desa Papar Kecamatan Papar Kabupaten Kediri
Social Emotional Development Of Early Children 2-4 Years In Families With Permisive Parenting Patterns In Papar Village, Papar Subdistrict, Kediri Regency
Pola asuh merupakan gaya pengasuhan yang dilakukan orang tua dalam mendidik, membimbing, dan mengasuh anak. Terdapat tiga jenis pola asuh orang tua, yaitu pola asuh otoriter, demokratis, dan permisif. Dalam penelitian ini, peneliti berfokus pada pola asuh permisif pada perkembangan sosial emosional anak usia dini 2-4 tahun di Desa Papar Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Pola asuh permisif merupakan pola asuh yang membebaskan anak, tidak ada aturan khusus untuk anak, orang tua membiarkan anak untuk memutuskan suatu sendiri, semua aturan dan ketetapan berada ditangan anak penuh. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan pola asuh permisif pada anak usia dini 2-4 tahun yang ada di Desa Papar. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan sosial emosional anak usia dini 2-4 tahun, serta Untuk mendeskripsikan perkembangan sosial emosional anak usia dini 2-4 tahun pada keluarga yang menerapkan pola asuh permisif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Tempat penelitian di Dusun Papar Selatan Rt.01 Rw.08 Desa Papar Kediri. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah tahapan tersebut data diuji keabsahannya dengan kredibilitas, transferbilitas, dependabilitas, serta konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pola asuh permisif yang terjadi memiliki ciri-ciri sebagai berikut: (a) orang tua memberikan kebebasan kepada anak tanpa adanya batasan dari orang tua, (b) orang tua kurang memberikan bimbingan atau arahan kepada anak, (c) orang tua kurang mengontrol perilaku dan kegiatan anak sehari-hari, (d) orang tua tidak memberikan hukuman atau konsekuensi apabila anak melakukan kesalahan,(e)orang tua cenderung memanjakan anak, serta (f) orang tua pasif dalam hal disiplin. Sedangkan perkembangan sosial emosional anak usia 2-4 tahun menghasilkan sikap anak yang kurang baik meliputi sikap agresif, tidak patuh, berperilaku sesukanya
Parenting is a parenting style that is carried out by parents in educating, guiding and caring for children. There are three types of parenting styles, namely authoritarian, democratic, and permissive parenting. In this study, researchers focused on permissive parenting on the social emotional development of early childhood 2-4 years in Papar Village, Papar District, Kediri Regency. Permissive parenting is a parenting style that liberates children, there are no special rules for children, parents allow children to decide things on their own, all rules and regulations are in full hands of children. The purpose of this study is to describe the application of permissive parenting to early childhood 2-4 years in Papar Village. In addition, this study also aims to describe the social emotional development of early childhood 2-4 years, and to describe the social emotional development of early childhood 2-4 years in families that apply permissive parenting. This research uses descriptive qualitative method. The research location is in Papar Selatan Hamlet, Rt.01 Rw.08, Papar Village, Kediri. Data were collected using in-depth interviews, observation, and documentation techniques. Analysis of the data in this study by collecting data, condensing data, presenting data, and drawing conclusions. After these stages the validity of the data is tested with credibility, transferability, dependability, and confirmability. The results of this study indicate that the application of permissive parenting that occurs has the following characteristics: (a) parents give freedom to children without any restrictions from parents, (b) parents do not provide guidance or direction to children, (c) parents do not control children's daily behavior and activities, (d) parents do not give punishment or consequences if children make mistakes, (e) parents tend to spoil children, and (f) parents are passive in terms of discipline. Meanwhile, the social emotional development of children aged 2-4 years produces unfavorable child attitudes including aggressiveness, disobedience, behaving as they please.