Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Autis
The Extracurricular Activities Required for Scouting on The Social Interaction Abilities of Autistic Children
Hambatan kemampuan interaksi sosial anak autis salah satunya kurang mampu menjalin hubungan dengan baik, seperti menjalin hubungan baik dengan lingkungan sekitar atau melakukan kegiatan yang melibatkan lingkungan sekitar. Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak autis di lingkungan sekolah yaitu kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kegiatan ekstrakurikuler wajib kepramukaan terhadap kemampuan interaksi sosial anak autis. Pengumpulan data diperoleh melalui buku, kumpulan jurnal nasional maupun internasional. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis isi melalui pengecekan dan membaca ulang buku dan jurnal. Hasil Penelitian ini tersusunnya aspek kegiatan yang tepat dalam pendidikan kepramukaan untuk kemampuan interaksi sosial yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak autis.
Kata Kunci: Kegiatan kepramukaan, interaksi sosial, autis
Barriers to the social interaction abilities of autistic children, one of which is less able to establish relationships properly, such as establishing good relationships with the surrounding environment or carrying out activities that involve the surrounding environment. One of the methods used to improve the social interaction skills of children with autism in the school environment is scouting extracurricular activities. The purpose of this study is to describe the extracurricular activities required for scouting on the social interaction abilities of autistic children. Data collection is obtained through books, national and international journal collections. The data analysis technique used is content analysis through checking and rereading books and journals. The results of this study compile aspects of appropriate activities in scouting education for the ability of social interaction in accordance with the characteristics and needs of children with autism.
Keywords: Scouting activities, social interaction, autism