Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan sintaks, peningkatan keterampilan proses sains, dan respon peserta didik terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pre-experimental design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi keterlaksanaan, lembar tes keterampilan proses sains, dan lembar angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan 1. Keterlaksanaan pembelajaran dengan penerapan model inkuiri terbimbing di kelas XI IPA 1 MAN 2 Gresik selama 3 kali pertemuan terlaksana dengan sangat baik didukung aktivitas peserta didik yang relevan pada pertemuan 1,2,3 berturut-turut sebesar 96,89% 98,22% 97,33% 2. Keterampilan proses sains peserta didik mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran inkuri terbimbing dari 25 peserta didik 28% pada meningkat dengan kriteria cukup dan 72% pada kriteria tinggi. Hasil belajar ranah pengetahuan pada materi laju reaksi telah mencapai ketuntasan klasikal dari 25 peserta didik sebanyak 92% tuntas dengan nilai rata-rata yaitu 92 dengan predikat A- 3. Respon peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi laju reaksi sangat baik dengan persentase respon positif yang diberikan sebesar 95,6%.
Kata kunci : Inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, laju reaksi.
This research aims to describe the implementation of syntax, increase of science process skills, and response of students to guided inquiry learning model in the matter of reaction rates. The research design used in this research was pre-experimental design with the design of One-Group Pretest-Posttest Design. The instruments used in this research were implementation observation sheets, science process skills test sheets, and questionnaire response for students. The results of this research indicate 1. Implementation of guided inquiry learning models in class XI IPA 1 MAN 2 Gresik for 3 meetings performed very good category supported by the relevant activities of students at meetings 1, 2, 3 in a row of 96.89% 98.22% 97.33% 2. Science process skills of students have increased after the implementation of a guided inkuiri learning model from 25 students 28% on medium criteria and 72% on high criteria. The learning outcomes of the realm of knowledge in the reaction rate material have reached classical completeness from 25 students as much as 92% completed with an average value of 92 with the predicate A- 3. Response of students after the implementation of guided inquiry learning models to increase science process skills material reaction rate is very good with the percentage of positive responses given at 95.6%.
Keywords: Guided inquiry, science process skills, reaction rate.