PEMBELAJARAN TEKNIK VOKAL DI PUNTADEWA MUSIK TRENGGALEK
VOCAL TECHNIQUE LEARNING AT PUNTADEWA MUSIK TRENGGALEK
Puntadewa Musik Trenggalek memberikan wadah kepada peserta didik untuk menyalurkan minat pada pembelajaran musik. Genre musik yang dapat diperoleh siswa di lembaga ini diantaranya ialah pop, dangdut, keroncong, campursari dan sebagainya. Di Puntadewa Musik dapat mempelajari vokal. Guru juga menerapkan strategi dan metode dalam proses pembelajaran supaya siswa lebih cepat menangkap materi yang disampaikan oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya ialah: 1) Bagaimana ketersediaan komponen pembelajaran yang terdapat di Puntadewa Musik Trenggalek, 2) Bagaimana strategi dan metode pembelajaran teknik vokal di Puntadewa Musik Trenggalek, 3) Bagaimana hasil dari Pembelajaran Teknik Vokal di Puntadewa Musik Trenggalek.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Sasaran penelitiannya ialah siswa yang mempelajari teknik vokal di Puntadewa Musik Trenggalek dan guru pengajar di Puntadewa Musik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa 1) ketersediaan komponen pembelajaran di Puntadewa Musik yang meliputi sarana prasarana, tujuan pembelajaran, guru, siswa, materi pembelajaran, strategi dan metode pembelajaran serta evaluasi pembelajaran dapat memengaruhi proses pembelajaran yang berjalan di Puntadewa Musik. Salah satu komponen yang terpenting ialah sarana dan prasarana yang terdapat di Puntadewa Musik Trenggalek yang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya pembelajaran, 2) Pelaksanaan metode demonstrasi, Imitasi dan drill oleh guru dapat diterima oleh siswa dengan baik. Siswa memerlukan arahan yang diperoleh dari guru yaitu contoh teknik vokal pop dan teknik vokal dangdut yang dicengkokkan, 3) Hasil pembelajaran dinilai oleh guru secara bertahap pada proses setiap pertemuan menggunakan jenis evaluasi observasi non-tes dan penampilan pada ujian kenaikan tingkat menggunakan jenis evaluasi performance tes.
Puntadewa Musik Trenggalek provides a forum for students to channel their interest in learning music in non-formal educational institutions. Music genres that can be obtained by students at this institution include pop, dangdut, keroncong, campursari and so on. In Puntadewa Musik you can learn vocals. One of them is the dangdut vocal genre, which can be followed by learning in exploring vocal techniques at Puntadewa Musik. In carrying out learning, the teacher also applies strategies and methods in the learning process so that students can more quickly capture the material presented by the teacher. The formulations of the problems in this study include: 1) How is the availability of learning components in Puntadewa Musik Trenggalek, 2) How are the strategies and methods of learning vocal techniques in Puntadewa Musik Trenggalek, 3) What are the results of the Vocal Technique Learning in Puntadewa Musik Trenggalek.
This research uses qualitative research. The research targets chosen by the researcher were teachers and students who studied dangdut vocal techniques at Puntadewa Musik Trenggalek. Data collection techniques using observation, interview and documentation techniques.
The results of the study show that 1) the availability of learning components can affect the learning process that runs in Puntadewa Musik. One of the most important components is the facilities and infrastructure found in Puntadewa Musik Trenggalek which functions as a place for learning to take place, 2) The implementation of demonstration, imitation and drill methods by the teacher can be accepted by students well. Students need direction obtained from the teacher, namely an example of a bent dangdut vocal technique, 3) Learning outcomes are assessed by the teacher gradually at the process of each meeting and appearance on the leveling exam.